Ada 5 Pohon Spesies Langka di Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Apa Saja?

Koleksi tanaman di Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Jawa Tengah bertambah lima jenis spesies langka pada momen peringatan HUT ke-205 Kebun Raya Bogor.
SHARE
Ada 5 Pohon Spesies Langka di Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Apa Saja?
SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, menaman salah satu tanaman di Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Rabu (18/5/2022). Ada lima tanaman yang ditanam di KRIB pada hari itu. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Koleksi tanaman di Kebun Raya Indrokilo Boyolali atau KRIB di Jawa Tengah bertambah pada momen peringatan HUT ke-205 Kebun Raya Bogor.

Momen tersebut juga diperingati oleh 23 kebun raya di Indonesia. Mereka menanam pohon secara serentak pada Rabu (18/5/2022).

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kebun Raya Indrokilo Boyolali menjadi salah satu kebun raya yang ikut bergabung dalam acara tersebut. Bupati Boyolali, M. Said Hidayat didampingi Ketua DPRD Boyolali, Marsono, terhubung melalui aplikasi video conference dengan peserta lain.

Selain Bupati dan Ketua DPRD Boyolali, turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani dan jajaran dari instansi terkait. Mereka menanam lima tanaman spesies langka.

Kepala UPT Kebun Raya Indrokilo, Lilik Tri Wahyuni, menjelaskan lima jenis tanaman tersebut Dalbergia latifolia atau sonokeling, Garcinia dulcis atau mundu, Hopea odorata atau kayu merawan, Vatica rassak atau kayu resak, dan Pterospermum javanicum atau bayur.

Baca Juga : Kebun Raya Indrokilo Boyolali Buka Lagi, Ini Syarat Pengunjung

Ekspedisi Energi 2022

“Kami memang ada target penambahan lima spesies tanaman langka setiap tahun. Untuk spesies tanaman yang sudah ada di sini sekitar 1.400-an,” jelas Lilik kepada wartawan seusai acara.

Lebih lanjut ia mencontohkan jenis tanaman sonokeling. Dia menyebut sonokeling mudah ditemukan dahulu. Namun, saat ini, Lilik mengungkapkan sonokeling mulai susah dijumpai.

Ia berharap dengan menanam tanaman langka di Kebun Raya Indrokilo Boyolali ini dapat menjadi stok jika suatu saat tanaman tersebut hilang dari habitat asli.

“Di sini kami tanam untuk penghasil biji. Jadi kami kembangkan lagi. Nanti kami kembalikan ke habitat asli. Jadi masyarakat masih bisa menikmati tanaman yang hampir punah,” tutur dia.

Baca Juga : Asyik Buat Selfie, Ini 7 Ikon Unik Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang hadir dalam acara penanaman pohon tersebut mengucapkan selamat HUt ke-205 untuk Kebun Raya Bogor.

Selain itu, ia berharap dengan penanaman lima spesies tanaman langka di Kebun Raya Indrokilo dapat menambah kekayaan di Boyolali.

“Harapan ke depan, kami dapat memberikan edukasi terbaik bagi anak-anak di Boyolali sehingga tumbuh dan berkembang mencintai lingkungan. Di sisi lain, tempat ini bisa dijadikan tempat rekreasi untuk masyarakat di Boyolali maupun luar Boyolali,” ungkap dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago