SOLOPOS.COM - Calon peserta didik baru dibantu guru saat memasukkan data pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online 2021 tingkat SMP melalui jalur zonasi di SMP Negeri 4, Solo, Rabu (23/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Kota Solo yang akan berlangsung secara daring untuk jenjang TK, SD, dan SMP terbagi menjadi empat jalur.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Hery Mulyono, saat dihubungi Solopos.com, Senin (23/5/2022), mengatakan PPDB akan digelar mulai awal Juni 2022. Nantinya ada empat jalur untuk penerimaan peserta didik baru tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“PPDB segera kami umumkan tanggalnya dan akan dimulai pada bulan Juni. Mengenai jalurnya nanti akan dibagi menjadi empat, melalui zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diterima Solopos.com mengenai jalur PPDB Solo, peraturan zonasi tahun ini akan diseleksi melalui Kartu Keluarga (KK) dengan alamat di dalam zona yang ditentukan berstatus anak kandung dan atau cucu.

Lebih lanjut, Hery menyebut mengenai jalur afirmasi, calon peserta didik (CPD) akan ditentukan dan mengacu kepada Surat Keputusan (SK) Wali Kota.

Baca Juga: PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Akan Dimulai Tanggal Ini, Siap-Siap Ya!

“SK Wali Kota nanti mengantur standar keluarga tidak mampu atau yang rentan risiko sosial. Persentasenya, SD 25 persen sedangkan SMP 35 persen,” ujarnya.

Tahap dan Jadwal PPDB

Tahapannya, CPD akan melakukan registrasi akun untuk pelaksanaan PDDB Kota Solo serentak mulai 20 Juni 2022 hingga 24 Juni 2022. Khusus yang masuk SMP melalui jalur prestasi pada PPDB Solo tahun ini akan dimulai pada 13 Juni 2022.

Semua tahapan akan berlangsung secara daring. Sedangkan untuk jalur afirmasi akan dimulai pada 13 Mei hingga 15 Mei 2022 untuk SD dan SMP.

Setelah registrasi, akan ada tahap verifikasi sebelum memulai pendaftaran. Pendaftaran akan dimulai pada 22 Juni 2022 hingga 24 Juni 2022. Khusus jalur afirmasi akan digelar pada 13 Juni 2022 hingga 15 Juni 2022.

Baca Juga: Jelang PPDB 2022, 5 SMA Swasta di Solo Ini Masuk 1.000 Terbaik Nasional

Setelah pendaftaran calon peserta didik akan memilih rekomendasi ditambah satu pilihan sekolah secara serentak pada 27 Juni 2022. Ini berlaku untuk TK hingga SMP.

Sedangkan pengumuman dijadwalka pada 1 Juli 2022 untuk semua jalur dan jenjang pendidikan. Khusus untuk jalur afirmasi akan diumumkan pada 17 Juni 2022.

Setelah pengumuman, calon siswa akan melakukan daftar ulang yang dijadwalkan 4 Juli hingga 5 Juli 2022. Sedangkan bagi jalur afirmasi pengumuman dijadwalkan pada 20 Juni hingga 21 Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya