Ada 3 Jalur PPDB di Wonogiri, Begini Penjelasannya
Solopos.com|soloraya

Ada 3 Jalur PPDB di Wonogiri, Begini Penjelasannya

Pelaksanaan pendaftaran PPDB jenjang TK, SD dan SMP 2021 Kabupaten Wonogiri akan dilaksanakan mulai pekan depan.

Solopos.com, WONOGIRI - Pelaksanaan pendaftaran PPDB jenjang TK, SD dan SMP 2021 Kabupaten Wonogiri akan dilaksanakan mulai pekan depan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, mengatakan jalur pendaftaran PPDB dapat dilakukan melalui zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali dan prestasi.

Baca Juga: Menko PMK Kunjungi Dukuh di Madiun yang Lockdown, Minta Masyarakat Waspadai Klaster Hajatan

Kuota jalur zonasi SD 70% dari daya tempung sekolah. Sedangkan zonasi SMP 50% dari daya tampung sekolah. Kuota jalur afirmasi, baik SD maupun SMP 15% dari daya tampung sekolah. Sementara itu, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali 5% dari daya tampung sekolah. Jalur prestasi SMP 30% dari daya tampung sekolah. Jalur prestasi tidak berlaku untuk jenjang SD.

"Ketentuan jalur pendaftaran PPDB itu dikecualikan untuk sekolah yang diselenggarakan masyarakat, sekolah bersama, peserta didik inklusi dan kelas khusus olahraga [KKO]" kata Yuli saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (17/6/2021).

Dalam Jalur zonasi, menurut dia, sekolah memprioritaskan peserta didik yang memiliki kartu keluarga (KK) atau surat keterangan domisili dalam wilayah Daerah. Ketentuan domisili berlaku untuk peserta didik yang berasal dari pondok pesantren atau panti asuhan berdasarkan tempat pondok pesantren atau panti asuhan.

Baca Juga: Swab Acak Sasar Pengguna Jalan di Kawasan Plaza Manahan Solo, Satu Orang Positif Covid-19

Sementara jalur afirmasi yang diperuntukkan bagi calon peserta didik dari keluarga tidak mampu dan disabilitas serta jalur perpindahan orang tua harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan. Misalnya untuk jalur dari keluarga tidak mampu harus dibuktikan dengan keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu.

"Jalur prestasi ditentukan berdasarkan akumulasi rata-rata nilai rapor SD kelas IV semester satu sampai kelas VI semester satu serta hasil kejuaraan dan/atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik di sejumlah tingkat, mulai internasional hingga tingkat kecamatan," ungkap dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago