SOLOPOS.COM - Apel gelar pasukan pengamanan dua event internasional di Benteng Vastenburg, Solo, Senin (4/7/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 796 personel keamanan gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya dua event internasional yang akan berlangsung di Kota Solo pada Juli ini. Keduanya yakni pertemuan kedua negara-negara anggota Group of Twenty atau G20 dan ASEAN Paragames 2022.

Pertemuan G20 membahas masalah perdagangan, investasi, dan industri itu akan berlangsung pada 4-5 Juli 2022. Sedangkan ASEAN Paragames akan berlangsung pada 23-30 Juli 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Apel pasukan gabungan untuk mengamankan G20 dan Asean Paragames digelar di Benteng Vastenburg Solo, Senin (4/7/2022). Sebanyak 796 personel dikerahkan untuk mengamankan beberapa titik lokasi yang akan dikunjungi delegasi G20.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan 796 personel gabungan yang akan mengamankan event internasional itu terdiri atas Polresta, TNI yakni Korem 074 Warastratama, Kodim 0735/Solo, pasukan cadangan dari Grup 2 Kopassus, Kostrad, dan Batalion C Satbrimob Polda Jawa Tengah.

“Sebanyak 796 personel akan kami turunkan untuk mengamankan jalannya kegiatan G20 di Solo. Mulai dari kegiatan welcome dinner, persidangan, kirab budaya, dan yang terakhir gala dinnernya, di balai kota [Solo],” ucapnya saat ditemui wartawan, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Inilah Tiga Isu yang Dibahas G20 di Solo Pekan Ini

Kedatangan Delegasi

Ade mengatakan beberapa lokasi yang diamankan mulai dari Hotel Alila sebagai tempat persidangan. Loji Gandrung sebagai tempat untuk transit Menteri Investasi maupun beberapa delegasi. Tidak lupa, Taman Sriwedari dan Balai Kota Solo.

Lebih lanjut, Ade juga melakukan koordinasi lintas sektoral dengan polres di wilayah Soloraya, seperti Polres Boyolali dan Polres Karanganyar untuk pengamanan event internasional di Solo itu.

“Polres Boyolali terkait dengan kedatangan, di mana untuk beberapa delegasi sudah datang, mulai kemarin salah satunya dari Kanada. Kemudian Polres Karanganyar juga karena ada beberapa agenda giatnya di Colomadu. Boyolali juga ada yang dikunjungi terkait juga di Pan Brothers,” ungkapnya.

Baca Juga: Latihan Atlet Panahan NPC Persiapan ASEAN Paragames 2022 di Solo

Ade optimistis untuk pengamanan pertemuan kedua dalam serangkaian TIIWG G20 kali ini akan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Intinya kami all out untuk menjamin keamanan salama kegiatan TIIWG G20 di Solo. Kami berjibaku untuk mengamankan G20 agar berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sejuk. Harga mati. Kami akan all out mengerahkan seluruh kekuatan kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya