SOLOPOS.COM - Peserta menyiapkan balon udara yang akan diterbangkan di Lapangan Kemuning, Ngargoyosoyo, Karangayar, Minggu (20/11/2022). (Istimewa/Eko Wuryanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah acara perdana dinilai sukses, Pemerintah Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar akan kembali menggelar kembali festival balon udara. Rencananya festival tersebut digelar pada Agustus 2023 dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 RI.

Kepala Desa (Kades) Kemuning, Widadi Nur Widyoko, mengatakan festival balon udara bertajuk Kemuning Balloon Attraction pada Sabu-Minggu (19-20/11/2022) lalu sukses. Meski sempat terkendala cuaca pada hari pertama, kegiatan hari kedua berlangsung meriah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Secara umum pelaksanaan festival balon udara yang baru kali pertama diadakan di Kemuning ini sukses,” ujarnya, Selasa (29/11/2022).

Kesuksesan tersebut bukan hanya pada pelaksanaan penerbangan balon, namun juga pada pemberdayaan ekonomi warga setempat dengan berbagai pelayanan. Di antaranya pelayanan penginapan bagi para tamu/pengunjung balon udara maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga: Penerbangan 17 Balon Udara di Karanganyar Berjalan Mulus, UMKM Banjir Fulus

“Yang jelas penginapan di Kemuning penuh saat ada acara itu. Kemudian para UMKM juga ikut meramaikan acara yang diadakan di Lapangan Kemuning itu. Kami bersukur warga kami ikut dapat rezeki dengan berbagai usaha perdagangan, khususnya kuliner, yang berjualan di sana,” imbuh Kades yang akrab disapa Yoko ini.

Setelah festival balon perdana lalu rampung digelar, menurutnya, banyak pihak yang mendukung acara tersebut kembali digelar dan ingin berpartisipasi. Oleh sebab itu, festival balon udara rencananya  kembali digelar pada Agustus 2023.

Yoko mengaku pihaknya sempat merencanakan menggelar kembali festival balon udara pada Maret 2023. Namun kemudian atas berbagai pertimbangan, rencana diubah menjadi Agustus.

“Setelah mempertimbangkan banyak hal, salah satunya soal waktu persiapan, akhirnya jadinya Agustus,” imbuhnya.

Baca Juga: Keren! Belasan Balon Udara Raksasa Hiasi Langit di Kemuning Karanganyar

Seperti diberitakan, sebanyak 17 balon udara warna-warni berukuran besar mengudara di Lapangan Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Minggu (20/11/2022). Ribuan pengunjung menyaksikan langsung keindahan balon raksasa itu.

Balon undara diterbangkan pada ketinggian tertentu dan diikat dengan tali. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Event tersebut diklaim berhasil mengundang lebih dari 5.000 pengunjung di Lapangan Desa Kemuning dan sekitarnya.

Festival balon udara tersebut dalam rangka HUT ke-55 Desa Kemuning dan HUT ke-105 Karanganyar serta promosi wisata sekaligus meningkatkan ekonomi warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya