SOLOPOS.COM - Acara pembagian bingkisan atau paringan dalem KGPAA Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (27/4/2022). (Twitter @BayunMarz)

Solopos.com, SOLO — Abdi dalem Pura Mangkunegaran Solo mendapat Paringan Dalem dari KGPAA Mangkunagoro X menjelang Lebaran Rabu (27/4/2022). Pemberian disampaikan kepada abdi dalem pura menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 2022.

Informasi mengenai paringan dalem itu diunggah di akun Twitter @BayunMarz milik Bayun Marsiwi, abdi dalem yang bertugas di Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran. Bayun mengunggah foto dirinya memegang bingkisan dengan tulisan Paringan Dalem Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tertulis pemberi bingkisan ada dua nama yakni KGPAA Mangkunagoro X dan Wali Kota Solo. Tak lupa Bayun menuliskan ucapan terima kasih dengan men-tag akun Twitter Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka @gibran_tweet.

Pengageng Wedana Satria Pura Mangkunegaran Solo, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, saat dihubungi Solopos.com, Rabu, membenarkan adanya pemberian bingkisan atau paringan dalem Lebaran dari KGPAA Mangkunagoro X untuk para abdi dalem. “Paringan Dalem bingkisan lebaran kangge para abdi dalem. Leres [betul],” tulisnya melalui pesan Whatsapp, Rabu.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Bayun Marsiwi, saat dihubungi Solopos.com mengatakan pembagian Paringan Dalem KGPAA Mangkunagoro X berlangsung Rabu sekitar pukul 10.00 WIB. “Ya, sekitar jam 10.00 WIB sampai 12.00 WIB pembagiannya,” kata Bayun.

Baca Juga: Bukber & Tarawih di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo Tak Kalah Ramai

Bayun menambahkan sudah ada pemberitahuan akan adanya pembagian Paringan Dalem pada hari sebelumnya. Informasi tersebut disampaikan oleh masing-masing lembaga atau kemantren di bawah Pura Mangkunegaran.

Tradisi Tahunan

Pembagian Paringan Dalem Mangkunagoro merupakan tradisi tahunan menjelang Lebaran di Pura Mangkunegaran Solo. Khususnya Hari Raya Idulfitri. Namun menurut Bayun, ada sedikit perbedaan pembagian Paringan Dalem Lebaran 2022 dibanding sebelumnya.

“Tahun sebelumnya ada. Sama, cuma untuk tahun ini lebih banyak. Dalam artian yang ikut membantu ya. Misal ada tambahan dari wali kota” jelasnya.

Baca Juga: Proses Digitalisasi Naskah Kuno di Reksa Pustaka Mangkunegaran Solo

Tak hanya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sejumlah tokoh turut terlibat pada pemberian bingkisan Lebaran bagi Abdi Dalem Pura Mangkunegaran. Informasi yang diperoleh Solopos.com, ada bantuan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo.

Ada juga darui Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, dan beberapa tokoh publik lainnya. Pembagian bingkisan atau paringan dalem jelang Lebaran tersebut, menurut Bayun, tak hanya untuk abdi dalem yang bertugas di dalam Pura Mangkunegaran Solo. Namun juga pengelola dan pengurus beberapa aset milik Pura Mangkunegaran, misalnya Astana Girilayu.

Baca Juga: Jelajahi Spot-Spot Tersembunyi di Mangkunegaran Solo, Ada Apa Saja Ya?

Sebagai abdi dalem, Bayun merasa senang dengana adanya pisungsung (pemberian) atau Paringan Dalem tersebut. Apalagi, imbuhnya, ada beberapa tokoh publik yang turut membantu.

Hal itu menurutnya menjadi salah satu wujud perhatian kepada seluruh abdi dalem Pura Mangkunegaran. “Senang harapannya lebih banyak sinergi kepada Mangkunegaran kaitannya dengan pelestarian budaya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya