SOLOPOS.COM - Abdi dalem Keraton Yogyakarta membawa kendi berisi air yang diambil dari Sendang Seliran saat prosesi Nguras Sendang Seliran, Komplek Masjid Agung Kotagede, Jagalan, Banguntapan, Bantul, D.I Yogyakarta, Minggu (14/11/2021). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, JOGJA — Sebagaimana sebuah institusi pemerintahan, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta juga memiliki pegawai di dalam keraton atau yang biasa disebut abdi dalem. Seperti pegawai pemerintahan, ternyata abdi dalem juga memiliki jenjang kepangkatan.

Abdi dalem sendiri merupakan orang-orang yang telah dan akan berjanji untuk setia dan tekun seumur hidupnya untuk mengabdikan diri kepada Keraton Yogyakarta.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dilansir dari kratonjogja.id, Senin (27/6/2022), setiap abdi dalem Keraton Yogyakarta memiliki jenjang karier tersendiri. Sebelumnya calon abdi dalem akan mengikuti proses magang selama dua tahun, setelah itu akan diwisuda menjadi abdi dalem.

Baca Juga: Abdi Dalem Keraton Jogja Pernah Digaji Rp500 per Bulan

Berikut ini urutan pangkat abdi dalem Keraton Yogyakarta berurutan dari bawah:

  1. Jajar
  2. Bekel Anom
  3. Bekel Sepuh
  4. Lurah
  5. Penewu
  6. Wedono
  7. Riya Bupati
  8. Bupati Anom
  9. Bupati Sepuh
  10. Bupati Kliwon
  11. Bupati Nayoko
  12. Pangeran Sentana

Abdi dalem di Keraton Yogyakarta pun ternyata berbeda-beda, ada abdi dalem tepas dan abdi dalem caos. Untuk abdi dalem tepas merupakan abdi dalem yang setiap hari memiliki kewajiban untuk berkantor di keraton.

Baca Juga: Gaji Abdi Dalem Keraton Jogja di Bawah UMR?

Sedangkan abdi dalem caos merupakan abdi dalem yang tidak mempunyai kewajiban masuk ke keraton setiap hari. Untuk abdi dalem caos hanya masuk pada periode waktu tertentu.

Jenjang karier kedua abdi dalem tersebut pun berbeda. Untuk abdi dalem tepas kenaikan pangkat reguler dapat diajukan setiap tiga tahun sekali. Sedangkan abdi dalem caos kenaikan pangkat diajukan 4 sampai 5 tahun sekali.

Kenaikan pangkat seorang abdi dalem dikelola oleh Parentah Hageng yang memiliki kewenangan untuk mengangkat, menaikkan pangkat, dan mempesiunkan abdi dalem.

Setiap abdi dalem akan mendapatkan asma paring dalem atau nama abdi dalem, pangkat, dan penugasan yang tertuan di dalam Serat Kekancingan (SK) yang dikeluarkan oleh Parentah Hageng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya