SOLOPOS.COM - Abad Kejayaan 2: Kosem (noluyo.tv)

Abad Kejayaan 2 SCTV mengisahkan sejarah sosok Kosem Sultan.

Solopos.com, SOLO — Saat ini, stasiun televisi SCTV menayangkan serial drama Turki Abad Kejayaan 2: Kosem. Sesuai dengan judulnya, fokus cerita dalam serial tersebut adalah wanita cantik nan berpengaruh dalam sejarah Dinasti Ottoman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana dilansir Solopos.com sebelumnya, setelah kematian Suleiman, kekuasaan Ottoman dilanjutkan oleh putranya hasil pernikahan Hurrem Sultan, yakni Selim II. Setelah Selim II, kekuasaan jatuh ke Mehmed III, lalu Ahmed I.

Berdasarkan catatan sejarah dari pelbagai sumber, Minggu (3/7/2016), Ahmed I menikah dengan Kosem.

Kosem sendiri kabarnya adalah seorang gadis Kristen Ortodoks asal Yunani, putri seorang pemuka agama di Pulau Tinos. Namun, kabar asal-usul Kosem ini masih diragukan, karena tak ada bukti kuat yang mengarah ke hal tersebut.

Pertemuan Kosem dengan Ahmed I terjadi tatkala wanita yang mulanya bernama Anastasia tersebut menjadi budak dan dijual oleh Gubernur Bosnia. Anastasia muda dikirim ke Harem Ottoman di usia 15 tahun.

Berada di lingkungan Dinasti Ottoman, Anastasia mengubah keyakinannya sebagai seorang muslimah. Namanya diubah menjadi Mahpeyker yang artinya sebentuk bulan. Oleh Ahmed I, nama tersebut diubah menjadi Kosem.

Kosem lahir pada 1589 dan meninggal pada 2 September 1651 di Konstantinopel. Semasa hidup, Kosem menjadi istri sah favorit Ahmed I dalam rentan waktu 1603-1617. Lalu, pada rentan 1623-1640, ia menjadi Valide Sultan, karena anaknya Murad IV menjadi penguasa Ottoman. Posisi Valide Sultan ini bertahan disandang kosem hingga kepemimpinan anaknya Ibrahim (1640-1648), dan nenek dari Mehmed IV (1648-1687).

Selama berkuasa di Harem Ottoman, Kosem menjadi tokoh yang menonjol dalam catatan sejarah kesultanan perempuan, setelah Hurem, istri Suleiman I.

Dalam serial Abad Kejayaan 2 ini, sosok Kosem diperankan oleh tiga aktris, yaitu Nezihe Gunes Ersoy sebagai Kosem kecil, lalu dilanjutkan oleh aktris Anastasia Tsilimpiou sebagai Kosem muda, dan aktris Beren Saat yang memerankan tokoh Kosem dewasa. Saat ini, serial tersebut masih dalam proses produksi, semenjak ditayangkan perdana pada 12 November 2015.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya