SOLOPOS.COM - Gatot Brajamusti saat tampil di Mata Najwa 2012 (Youtube)

Aa Gatot Brajamusti merupakan salah satu anggota dewan pengarah FFI

Solopos.com, SOLO – Gatot Brajamusti, guru spiritual sejumlah artis yang kerap dipanggil Aa Gatot tengah dijerat kasus hukum. Di sisi lain, ia adalah ketua Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai ketua PARFI, Aa Gatot pernah menjadi anggota dewan pengarah Festival Film Indonesia (FFI) 2012. Alih-alih mengarahkan, Aa Gatot bingung saat ditanya detail FFI 2012.

Peran Aa Gatot sebagai anggota dewan pengarah FFI 2012 menjadi sorotan acara Mata Najwa yang disiarkan Desember 2012 lalu. Aa Gatot yang mengaku menyumbang emas untuk Piala Citra, bingung saat ditanyai mengenai dana FFI 2012 yang mencapai Rp16,2 miliar.

“Saya tidak tahu mengenai hal itu, jadi lebih bagusnya pertanyaan itu ditujukan ke ketua pelaksana, atau orang-orang yang mengetahuinya,” ungkap Aa Gatot menjawab pertanyaan Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa.

Guru spiritual musisi Reza Artamevia malah terkejut mendengar nominal biaya FFI 2012 yang mencapai Rp16,2 miliar. Ia mengaku mengetahui nominal tersebut belum lama sebelum acaranya diselenggarakan.

Dalam acara Mata Najwa itu Aa Gatot dipertemukan dengan sutradara dan penulis skenario Joko Anwar. Sutradara Modus Anomali itu diposisikan sebagai pihak yang mengkritisi penyelenggaraan FFI 2012. Joko mempertanyakan proses penjurian yang seolah-olah berpihak.

“Mungkin ada masalah keberpihakan di sini [FFI 2012], contohnya untuk film terbaik, Tanah Surga Katanya, itu filmnya Aa Gatot. Selain itu salah satu jurinya Bustal Nawawi, which is juga salah satu produser Tanah Surga Katanya,” jelas Joko Anwar.

Merespons pernyataan itu, Aa Gatot sekali lagi menyatakan ketidaktahuannya. “Itu di luar kewenangan saya. Jurinya saya kenal aja kagak,” tegas Aa Gatot.

Aa Gatot menjadi Ketua PARFI sejak 2011. Dua puluh delapan Agustus 2016 ia kembali dipilih sebagai Ketua PARFI untuk masa jabatan 2016-2021. Belum genap satu hari kembali menjadi Ketua PARFI, Aa Gatot tertangkap tangan memiliki dan mengonsumsi narkoba jenis sabu. Kini ia sedang menjalani proses hukum yang berlaku. (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya