SOLOPOS.COM - A Quiet Place. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Saat ini A Quiet Place Part II telah dapat disaksikan di bioskop-bioskop di Tanah Air. Ya, setelah sempat ditunda lantaran pandemi Covid-19, akhirnya film yang dibintangi Emily Blunt ini akhirnya tayang juga.

A Quiet Place Part II tak melulu hanya soal teror dan ketegangan, namun sebetulnya ada banyak pesan moral bisa dipetik. Salah satunya adalah hidup harus terus berjalan bagi keluarga Abbott yang kehilangan ayah mereka, Lee (John Krasinski), yang mengorbankan diri demi anak bungsu yang harus dilahirkan di tengah keheningan bila tak ingin diserang dan dicabik oleh monster buta berpendengaran super.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Evelyn (Emily Blunt) kini menjadi kepala keluarga, pundaknya memikul tanggung jawab memastikan keselamatan Regan (Millicent Simmonds) si sulung yang tuli, Marcus (Noah Jupe) dan bayinya yang baru lahir. Mereka pergi mencari tempat perlindungan baru tanpa tahu apa yang akan mereka hadapi. Mereka mengerahkan segala daya upaya, termasuk mencari cara agar anggota keluarga baru tidak jadi sumber ancaman lantaran tangisannya terdengar monster. Dalam perjalanan yang berliku, mereka akhirnya bertemu dengan orang lain yang juga masih bertahan.

Baca Juga: Wow! Song Hye Kyo Beli Gedung Senilai Rp250 Miliar

Ekspedisi Mudik 2024

Ada pengalaman berbeda ketika menonton A Quiet Place Part II dibanding pendahulunya yang langsung membuat penonton tegang sejak awal. Adegan penuh suara wajar dimunculkan di sini, sebagai prolog yang menggambarkan kehidupan normal keluarga Abbott di kota kecil yang hidup dengan warna-warna hangat, sebelum berubah jadi kota mati nan suram tanpa penghuni yang memberikan kesan dingin. Rasa penasaran mengenai awal mula munculnya monster-monster menakutkan ini sedikit terbayar, meski tidak menjawab sepenuhnya.

A Quiet Place Part II memberikan perspektif yang lebih luas mengenai apa yang dialami orang-orang di luar keluarga Abbott dan seperti apa kehidupan yang dilalui orang lain di luar sana. Sutradara John Krasinski, yang awalnya tak pernah membayangkan bakal membuat sekuel menekankan pentingnya menggambarkan perjalanan emosi keluarga Abbott menuju kemandirian dan menemui masyarakat, bukan sekadar pengalaman indrawi yang menarik.

“Setelah kesuksesan A Quiet Place, saya tahu akan ada ketertarikan atas film selanjutnya, tapi saya tidak mau jadi bagian sesuatu yang tujuannya tidak tepat atau tidak terasa organik. Jadi, saya bersedia jika ada penulis dan sutradara lain yang mengambil alih. Namun, muncul gagasan dalam kepala saya,” kenang Krasinski seperti mengutip Antaranews.com, Sabtu (29/5/2021).

“Gagasannya adalah memperluas metafora kehidupan orangtua untuk melihat seberapa jauh kau bisa melakukannya, mengeksplorasi evolusi alami yang terjadi ketika anak-anakmu meninggalkan rumah yang aman untuk mengeksplorasi dunia.”

Baca Juga: Duet Marianne Rumantir dan Luna Maya Sukses Raup Dana Segar Rp15,4 Miliar

Apa yang digambarkan John Krasinski dalam A Quiet Place –film keluarga yang kebetulan menyeramkan– mengenai apa yang akan dilakukan orang tua untuk anak, di sekuelnya berubah jadi apa yang dialami orang tua ketika anak beranjak dewasa, di mana mereka tak bisa mengelak ketika anak-anak yang selama ini berusaha dilindungi dalam rumah yang aman dan nyaman harus menapaki jalannya sendiri di dunia yang tak seaman pelukan ayah dan ibu. Pada akhirnya, orang tua hanya bisa memberi bekal kemampuan, dukungan serta harapan agar buah hati mereka bisa bertahan di dunia yang keras.

Hal ini ditunjukkan lewat Regan si anak sulung menunjukkan kedewasaannya lewat inisiatif untuk menempuh bahaya demi keluarga. Perlahan dia berkembang untuk menggantikan tugas kepala keluarga, meneruskan jejak Lee yang tak berhenti mencari jalan keluar dari segala kegilaan di dunia. Acungan jempol untuk aktris Millicent Simmonds dan Noah Jupe yang memperlihatkan bagaimana remaja dipaksa untuk lebih dewasa akibat keadaan, juga Emily Blunt yang menggambarkan sosok ibu tegar dan penuh kekuatan dalam melindungi keluarga, yang harus bergerak maju tanpa sempat berduka atas kematian suaminya.

Kehadiran Emmett (Cillian Murphy) menambah warna sebagai pria yang juga kehilangan orang-orang terkasih, namun penuh rasa tidak percaya setelah melihat apa yang terjadi di sekelilingnya.

Menonton A Quiet Place Part II di tengah pandemi Covid-19 memberikan kedekatan terhadap apa yang dialami dunia saat ini. Keluarga Abbott dan kita sama-sama terkekang oleh situasi, mereka tak bisa bebas mengeluarkan suara karena khawatir bakal diterkam monster, kita tidak bisa bebas bergerak dan berinteraksi untuk berjaga-jaga dari penularan virus. Yang bisa dilakukan adalah berjuang dengan segala upaya untuk tetap bertahan hidup dan berusaha agar segala sesuatu kembali jadi normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya