SOLOPOS.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Sandra MP Linthin (tengah), ketika menunjukan bukti kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang menemukan sembilan salon kecantikan di Jawa Tengah (Jateng) yang memproduksi kosmetik mengandung Rhodamin B.

Padahal, zat Rhodamin B selama ini identik dengan bahan pewarna tekstil yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala BPOM Semarang, Sandra MP Linthin, mengatakan produk kosmetik yang dimaksud yakni untuk jenis blush on, lipstik, dan eye shadow. Semua jenis yang mengandung Rhodamin B  itu, akhirnya dimusnahkan oleh petugasnya saat berhasil menggerebek di lokasi kejadian.

“Sebaran salon kecantikan yang kita razia ada di 18 wilayah. Kita memergoki ada kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, lalu pemiliknya kita minta membakar produk yang langgar aturan di hadapan petugas kita. Kemudian sisanya kita musnahkan di kantor BPOM,” kata Sandra ketika menunjukan bukti kosmetik tersebut di kantor BPOM Semarang, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: 1 Korban Begal di Semarang Kritis, Luka Bacokan hingga Tembus Paru-Paru

Sandra mengungkapkan, kesesembilan salon itu tersebar di 18 kabupaten atau kota di Jawa Tengah. Masing-masing meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Barang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Boyolali.

“Pemilik salon ini, nekat memproduksi kosmetik denga bahan berbahaya [Rhodamin B] agar hasilnya ngejreng [cerah]. Sehingga bisa menarik perhatian pelanggan,” ungkap dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyita kosmetik tanpa dilengkapi izin edar dan yang memakai zat merkuri, retinokesit, dan hidrokuinon. Padahal, kosmetik sebagai produk kecantikan dilarang ditambahi dengan zat tersebut karena bisa memicu penyakit mematikan.

Baca Juga: Ngeri! 8 Remaja di Semarang Dibegal, 1 Orang Kritis Alami Luka Bacok

“Bahan-bahan seperti merkuri retinokesit dan hidrokuinon tentunya bisa merusak kesehatan kita. Jika sampai terkena kulit terus-menerus, maka bisa menyebabkan kanker kulit dan kanker hati,” terang dia.

Sandra mewanti-wanti kepada masyarakat Jateng supaya meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran kosmetik yang mengandung empat zat berbahaya tersebut. Ia menyarankan supaya lebih teliti saat memilih produk.

“Salah satunya mengecek izin edar yang wajib dilengkapi logo BPOM. Terus masa edar produk dan bahan yang digunakan,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya