SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Beda rambu berwarna hijau dan biru di jalan tol. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Sebanyak 9 ruas jalan tol dengan total investasi Rp148,9 triliun siap dilelang.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna memaparkan 9 jalan tol tersebut yakni Jalan Tol Bandara Supadio-Kijing, Jalan Tol Akses IKN, Jalan Tol Samarinda-Bontang, Jalan Tol Cibadak-Pelabuhan Ratu, Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road, Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian, Jalan Tol Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, Jalan Tol Malang-Kepanjen, serta Jalan Tol Demak-Tuban.

Adapun, untuk proyek tersebut nilai investasi yang dibutuhkan mencapai Rp148,9 triliun, tetapi jumlah itu belum termasuk untuk proyek Jalan Tol Bandara Supadio-Kijing dan Jalan Tol Akses IKN.

“Ke depan kalau kita lihat ratio yang solicited dan unsolicited terlihat akan ada pergeseran,” ujarnya dalam diskusi Market Update Penyelenggaraan Jalan Tol 2021-2022, Jumat (24/6/2022).

Herry menjelaskan keinginan badan usaha untuk memprakarsai proyek-proyek jalan tol ke depan sudah mulai cenderung menurun.

Hal itu disebabkan oleh proses pengadaan tanah yang masuk dalam satu paket dengan pengerjaannya.

Kendati demikian, pemerintah akan terus mendorong proyek-proyek yang memiliki tingkat kelayakan yang baik untuk bisa dilakukan dengan pengusahaan prakarsa.

Menurut dia, pemerintah akan terus memitigasi risiko-risiko dalam proyek jalan tol.

“Pertanyaan justru skema apa yang bisa kita dorong tetap ada prakarsa namun tidak memindahakan risiko ke badan usaha,” ungkapnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Investasi Rp148,9 Triliun, 9 Proyek Jalan Tol Siap Dilelang

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya