SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kursi adalah salah satu elemen essensial dalam membangun hunian yang nyaman. Seiring berkembangnya zaman, model dan desain kursi pun kian beragam. Dari model kursi tradisional dengan sandaran hingga kursi tembus pandang.

Untuk mencukupi selera pasar yang dinamis, desainer berlomba-lomba menciptakan inovasi baru dalam  ragam kreasi kursi. Banyak di antara desainer tersebut yang berhasil menghasilkan kursi yang memiliki kesan modern, desain simple, namun penuh dengan detail artistik. Berikut beberapa ragam kursi minimalis di dekoruma.com yang mampu mencuri perhatian dunia dari waktu ke waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

#1 Kursi Barcelona (The Barcelona Chair)

Kursi Barcelona adalah salah satu hasil karya ikonis dari desainer Ludwig Mies Van der Rohe dan Lily Reich. Kursi yang populer di tahun 1950 ini tergolong kursi minimalis, karena desainnya yang lebih simpel jika dibandingkan dengan desain kursi pada saat itu.  Kursi yang pada awalnya dibuat sebagai persembahan untuk raja dan ratu Spanyol ini memiliki ciri konstruksi dari pelat cekung yang digabungkan dengan busa di bagian dudukan dan sandarannya. Meskipun pada akhirnya versi asli dari kursi ini tidak pernah dicoba oleh raja ataupun ratu Spanyol, kursi ikonis Barcelona mampu meraih hati pasar bahkan hingga sekarang. Singkat kata, kursi ini adalah salah satu referensi utama desain kursi minimalis  yang ada saat ini.

#2 The Avoa Minimalist Chair

Motivasi di balik terciptanya kursi mininalis satu ini adalah adanya tantangan untuk menciptakan kursi yang mampu menggambarkan keseimbangan dari jumlah elemen yang “terbatas”. Kursi yang ringan ini, faktanya, berhasil mewujudkan tantangan tersebut. Bahkan, menurut ulasan dari beberapa majalah dan situs home living, kursi ini mampu menghadirkan kesan “terbang”.

#3 The Papa Bear Chair

Kursi ikonis karya Hans J. Wegner ini memiliki ciri khas di bagian pegangannya yang menyerupai lengan beruang yang dijulurkan. Kesan dimana terdapat tangan beruang raksasa memeluk kita dari belakang. Meskipun kursi ini populer di antara tahun 1940-1960an, versi modern dari kursi ini masih sering kita jumpai sampai sekarang. Selain karena desainnya yang unik, kursi ini juga menawarkan kenyaman.

#4 The Lounge Chair of Thayer Coggin oleh Milo Baughman

Milo Baughman adalah salah satu pioner desain modern minimalis yang kita jumpai di banyak desain furniture saat ini. Salah satu karya paling terkenal dari Baughman adalah hasil kolaborasinya dengan Thayer Coggin. Kolaborasi mereka menghasilkan kursi yang memiliki desain modern namun tetap mengusung kesan klasik yang tidak tergerus zaman.

#5 Kursi Pelikan (The Pelican Chair)

Kursi pelikan tidak hanya kursi tetapi juga sebuah karya seni dekoratif, memiliki daya tarik tersendiri dengan memberikan kesan yang kuat dalam sebuah ruangan. Kursi pelikan memiliki desain kurva punggung menyerupai sayap burung pelikan yang terbuka. Meletakkan satu kursi pelikan di salah sudut ruang akan memberikan kesan chic pada ruangan.

#6 Kursi Bartoia

Kursi Bertoia merupakan hasil karya seniman, pematung, dan desainer terkenal bernama Harry Bertoia. Desain asli dari kursi ini diperkenalkan pada tahun 1950 dengan ciri khas material kawat yang ia desain dan buat sedemikaian rupa hingga membenuk bangun kursi. Pada saat pertama kali diperkenalkan ke publik, kursi Bertoia hanyalah berupa konstruksi kawat tanpa dilengkapi busa atau pun fabric penutup. Tampilan kawat yang menyerupai rangka sering kali membawa kesan unfinished. Faktanya, diperlukan keahlian dan daya cipta tingkat tinggi untuk membentuk karya unik satu ini.

#7 Urban Philosophy Minimalist Chair

Berbicara tentang karya minimalis yang cukup ekstrim, kursi transparan karya Nissa Kinzhalina ini tentu akan membuat kamu tercengang. Kursi yang dibuat di atas rangka metal dengan konstruksi utama berasal dari plastik trasparan ini, akan menipu penglihatan kita. Sekilas, kursi ini tampak seperti logam yang mengambang. Namun, setelah diamati dengan saksama, rangka logam tersebut menopang plastik tembus pandang berkualitas premium yang kuat untuk menopang tubuh kiita. Uniknya lagi, kursi ini akan memiliki bentuk yang berbeda jika kita amati dari arah yang berbeda pula.

#8 The Egg Chair

 Jika kamu mencari referensi kursi yang nyaman untuk menghabiskan waktu sambil membaca buku atau sekadar bersantai, pilihan kamu haruslah jatuh ke kursi ini. Kursi yang kembali hits di jajaran kursi minimalis ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1958, oleh Jacobsen di salah satu pameran desain furnitur modern di Denmark.

#9 The Florence Knoll Sofa

Florence Knoll sofa adalah satu hasil karya yang paling berhasil dari Florence Knoll Bassett. Pemilik dari Knoll furniture ini berusaha menciptakan desain kursi yang mampu manampung cukup banyak orang tanpa mengurangi kesan simple nan elegan. Sofa  yang mengusung detail arsitektur modern ini memiliki banyak pilihan ragam warna dan tekstur dalam perkembangannya saat ini.

Seiring dengan berjalannya waktu akan ada semakin banyak desain kursi minimalis yang muncul. Kesesuaian desain kursi dengan gaya kamu, patut menjadi acuan utama atas pilihan yang kamu ambil.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya