SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Radar Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang bermasalah pagi tadi menimbulkan sejumlah gangguan penerbangan. Sebanyak 9 pesawat berputar-putar di udara hingga radar berhasil diperbaiki pada pukul 09.32 WIB.

“Jadi holding (menunda pendaratan) itu biasa karena traffic di darat untuk take off dan landing terlalu sibuk. Holding tadi pagi juga dikarenakan pada pukul 09.02 WIB, sistem tidak menampilkan data radar, 9 pesawat kami holding dan 15 pesawat kami tunda penerbangannya,” ujar Coorporate Secretary PT Angkasa Pura II, Hari Cahyono, kepada detikcom, Minggu (29/8) pukul 20.20 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Holding, menurut Hari, adalah mekanisme standar keamanan bandara. Mekanisme ini dilakukan dalam kondisi darurat.

“Dilakukan untuk situasi darurat demi menjamin keamanan penumpang,” jelasnya.

Hari menuturkan, petugas operasional bandara langsung mengambil langkah cepat saat radar bermasalah. Selama berputar di udara, 9 pilot dipandu manual dari menara. Alhasil, 9 pesawat bisa mendarat dengan aman setelah radar kembali berfungsi.

“Ada kerja sama yang bagus antara pilot dengan petugas selama holding, sehingga setelah radar normal pesawat bisa mendarat aman. Walaupun sempat ada kerusakan radar setengah jam dan mengakibatkan holding antara 10 hingga 15 menit di udara,” terang Hari.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya