9 Jenis Kecerdasan Manusia, Kamu Termasuk yang Mana?
Solopos.com|lifestyle

9 Jenis Kecerdasan Manusia, Kamu Termasuk yang Mana?

Penting sekali mengetahui jenis-jenis kecerdasan manusia.

Solopos.com, SOLO--Kecerdasan manusia bukan semata akdemik, melainkan ada 9 jenis. Itulah sebabnya ada orang yang memiliki kepandaian dalam menganalisa dan berlogika, ada pula yang memiliki kepandaian dalam bahasa.

Nah, ada banyak manfaat dengan mengetahui 9 jenis kecerdasan manusia ini. Salah satunya adalah kita bisa mengoptimalkan hal itu untuk mencapai potensi terbaik kita atau anak kita.

Psikolog Harvard Howard Gardner dalam bukunya Frames of the Mind: The Theory of Multiple Intelligences menjelaskan bahwa orang tidak memiliki kapasitas intelektual yang ditetapkan, tetapi lebih banyak jenis kecerdasan, misalnya seseorang dapat menjadi cerdas dalam musik, tetapi buruk dengan angka.

Baca Juga: Perjuangan Mona Ratuliu dan Indra Brasco Melawan Covid-19

Berikut 9 jenis kecerdasan manusia menurut Gardener dilansir dari Sazap.edu dan Bisnis.com, Selasa (8/6/2021) :

1. Kecerdasan naturalistik

Kecerdasan naturalistik menggambarkan manusia yang peka terhadap alam. Mereka menikmati berada di luar, memelihara dan menjelajahi lingkungan. Manusia dengan kecerdasan naturalistik sangat peka terhadap perubahan di alam dan lingkungan sekitar mereka.

2. Kecerdasan logika-matematis

Dari semua jenis kecerdasan, kecerdasan logis-matematis adalah yang paling mirip dengan apa yang biasanya kita kaitkan dengan kecerdasan umum. Manusia dengan jenis kecerdasan ini sangat baik dalam matematika dan sangat menyukai angka. Mereka dapat mengenali pola dengan mudah dan mengerjakan proses dengan cara yang logis.

3. Kecerdasan kinestetik-jasmani

Orang-orang yang memiliki kecerdasan kinestetik-jasmani yang tinggi memiliki kepekaan waktu yang sangat baik dan koordinasi antara pikiran-tubuh yang hebat serta keterampilan motorik. Mereka mampu menggunakan tubuh mereka untuk menyampaikan perasaan dan ide serta sebagai hasilnya, mereka menyukai hal yang berkaitan dengan gerakan dan pikiran seperti tarian, olahraga atau kedokteran. Mereka menggunakan tubuh mereka untuk memecahkan masalah dan menciptakan sesuatu yang berarti.

4. Kecerdasan intra-pribadi

Apakah kita memahami pikiran, perasaan, dan emosi diri kita sendiri? Dapatkah kita menggunakan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Jika ini masalahnya, kita mungkin memiliki kecerdasan intra-pribadi yang tinggi. Kecerdasan intrapersonal mengacu pada pemahaman tentang diri sendiri dan kondisi manusia secara keseluruhan.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Sindrom Kelelahan Kronis

Meskipun memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang emosi mereka sendiri, mereka cukup pemalu. Filsuf, pemimpin spiritual, psikolog dan penulis biasanya memiliki kecerdasan intra-personal yang tinggi.

5. Kecerdasan spasial

Kecerdasan spasial didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempertimbangkan hal-hal dalam tiga dimensi. Orang dengan kecerdasan spasial tinggi umumnya sangat kreatif dan biasanya memiliki imajinasi yang jelas, kemampuan artistik yang tinggi, dan penalaran spasial yang sangat baik. Orang-orang ini sering disebut sebagai picture smart dan dapat ditemukan dalam profesi seperti arsitektur, desain, dan membaca peta.

6. Kecerdasan eksistensial

Banyak dari kita senang menjalani keseharian dalam hidup kita, orang-orang dengan kecerdasan eksistensial tingkat tinggi sering berpikir lebih dalam tentang kejadian sehari-hari. Mereka mengajukan pertanyaan yang mirip dengan mengapa kita ada di sini?

Apa gunanya semua ini? Mereka sering kali merupakan pemikir filosofis yang mendalam. Mereka memiliki kapasitas untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Kecerdasan eksistensial sering disebut kecerdasan spiritual atau moral.

7. Kecerdasan interpersonal

Manusia dengan jenis kecerdasan ini pandai membaca isyarat verbal dan non-verbal, serta pandai menentukan suasana hati. Mereka mudah merasakan empati. Seringkali jenis kecerdasan ini dapat ditemukan pada para pemimpin, politisi, pekerja sosial, dan psikolog.

Baca Juga: Sering Mandi Malam Hari? Ketahui Efeknya Bagi Tubuh

8. Kecerdasan linguistik

Kecerdasan linguistik merupakan jenis kecerdasan yang paling banyak dimiliki oleh manusia.Mereka tertarik pada kegiatan seperti membaca, menulis, dan berbicara di depan umum.

9. Kecerdasan dalam bermusik

Orang dengan kecerdasan musikal umumnya lebih sensitif terhadap suara dan sering menangkap suara-suara yang biasanya tidak disadari oleh orang lain. Mereka memiliki ritme yang sangat baik dan kemampuan untuk mengenal nada-nada dengan mudah. Mereka juga cenderung suka untuk memainkan alat musik atau menjadikan musik sebagai sebuah profesi.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago