SOLOPOS.COM - Penumpang kereta api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, beberapa waktu lalu. (Bisnis Indonesia/Eusebio Chrysnamurti)

Solopos.com, JAKARTA – Jumlah tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang terjual selama libur Imlek untuk jadwal keberangkatan 20-23 Januari 2023 di wilayah Jakarta mencapai sekitar 88.000 tiket.

Kahumas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Daops 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menjelaskan secara total terdapat sekitar 88.000 tiket kereta api yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 – 23 Januari 2023.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah tersebut, 35.600 merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 52.400 tiket keberangkatan Stasiun Pasar Senen.

Angka volume penumpang berangkat diprediksi masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, KAI mencatat terdapat 57 hingga 60 KAJJ per hari yang berangkat dari area Daops 1 Jakarta pada periode 20 – 23 Januari 2023 “Volume keberangkatan penumpang KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen tercatat mengalami peningkatan hingga 20 persen,” kata Eva dikutip dari keterangan resminya, Minggu (22/1/2023).

Volume penumpang berangkat pada momen libur Imlek dari area Daops 1 Jakarta paling tinggi terjadi pada Jumat (20/1/2023). Dari layanan 58 Kereta Api yang beroperasi, tercatat sekitar 30.500 penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Jumat.

Dari jumlah penumpang tersebut, sebanyak 12.300 orang merupakan penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 29 KA dan sekitar 18.200 lainnya volume berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 29 KA.

Eva menjelaskan terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang di antaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, dan Malang.

Sementara itu, tujuan Cirebon dan Bandung menjadi destinasi favorit penumpang untuk kereta jarak dekat. Eva juga mengingatkan kembali kepada para penumpang untuk memperhatikan aturan Vaksin Covid-19 terbaru yang berlaku saat ini, khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 – 12 tahun.

“Anak pada usia tersebut yang belum divaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster,” ujarnya.

Harga Berbeda

Pembelian promo Imlek tiket kereta api masih berlaku hingga akhir Januari 2023. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan promo pembelian tiket kereta api mulai dari 20-31 Januari 2023 untuk keberangkatan 21 Januari-7 Februari 2023.

Tiket yang dijual berkisar Rp100.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan kelas binis dan eksekutif masing-masing dijual dengan harga Rp150.000 dan Rp200.000.

Pembelian tiket bisa dilakukan melalui KAI Access, selama tiket promosi masih tersedia. Pembeli yang ingin membatalkan atau merubah perjalanan dapat dilakukan melalui KAI Access dengan aturan yang berlaku.

Namun demikian seorang netizen di media sosial Twitter kemudian mempertanyakan tiket promonya yang kemudian berubah harga, setelah mengalami perubahan jadwal.

“@KAI121 prosedur perubahan jadwal tiket promo sesuai harga normal ya min? kemarin dapet promo 100k, ke stasiun untuk perubahan jadwal kena 250k, mohon penjelasannya ya min padahal berdasarkan syarat dan ketentuan hanya dikenakan biaya 25%,” tulis akun Twitter @rotunggu.

KAI pun menjawab bahwa melakukan perubahan jadwal kereta api tetap dikenakan biaya administrasi. Hal tersebut sudah menjadi ketentuan perusahaan dari awal.

“Selamat pagi Kak. Perubahan tiket tetap dikenakan bea administrasi sebesar 25% sesuai ketentuan yang berlaku. Guna pengecekan, bisa diinfokan kode booking tiketnya via DM ya,” demikian jawab manajemen PR KAI

Netizen lain pun menanyakan perihal harga tiket yang memiliki harga normal, meski masih dalam periode promo.

“@KAI121 cara pake promo ginian gimana ya? kok masih kena harga normal meskipun sudah mengikuti syarat ketentuan berlaku,” tanya salah satu akun Twitter.

PT KAI mengatakan, tiket promo yang sudah habis tidak dapat dipesan dan tidak dimunculkan lagi dalam aplikasi KAI Access. Pembelian tiket promo Imlek pun bisa dilakukan apabila kuota masih tersedia.

“Selamat pagi dan mohon maaf Kak. Pemesanan tiket KA pada program Tarif Promo New Year Deals Tahun 2023 bisa dilakukan selama kuota masih tersedia,” jawab akun Twitter resmi PT KAI pada Sabtu (21/1/2023).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya