SOLOPOS.COM - Kereta Rel Listrik (KRL) melintasi rel listrik di bawah overpass Jl. D.I Pandjaitan, Gilingan, Banjarsari, Solo, saat uji coba dari Stasiun Palur menuju Stasiun Solo Balapan, Rabu (6/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 87 penumpang telah menjajal layanan kereta rel listrik atau KRL lintas Solo Balapan-Palur yang mulai beroperasi pada Rabu (17/8/2022). Pada hari pertama itu, ada dua KRL yang diberangkatkan masing-masing pada pukul 09.30 WIB dan pukul 15.25 WIB.

Senior Manager Area 6 Yogyakarta KAI Commuter, Adil Hakim, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (17/8/2022), menyebut dua KRL dikerahkan dalam operasional hari pertama ini untuk melayani empat keberangkatan. Dua KRL masing-masing dengan nomor seri KA 7103B berangkat pukul 09.30 WIB dan KRL dengan nomor seri KA7117A berangkat pada pukul 15.25 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah penumpang total 87 orang. Perinciannya pada pukul 09.30 WIB dari Stasiun Palur mengangkut 44 penumpang, Stasiun Jebres dua penumpang. Sedangkan yang berangkat pada pukul 15.25 WIB, berangkat dari Stasiun Palur mengangkut 20 penumpang dan dari Stasiun Jebres sebanyak 21 penumpang,” jelasnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam rilis yang diterima Solopos.com dari KAI Commuter, Rabu, pengoperasian perjalanan KRL Solo Balapan-Palur dilakukan setelah proses elektrifikasi selesai. Pembangunan Elektrifikasi Jalur KA lintas Solo Balapan-Solo Jebres-Palur dilakukan BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah.

Pembangunan elektrifikasi jalur ini dimulai pada 2020 dan selesai pada 2022 . Dalam pengoperasian tersebut, KAI Commuter dan KAI Daop VI Yogyakarta telah melakukan persiapan untuk pelayanan di Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

Baca Juga: Asyik, Mulai 17 Agustus 2022, KRL Solo-Jogja hingga Stasiun Palur

Pembelian Tiket

Persiapan itu seperti pemenuhan kursi tunggu bagi pengguna dan pengguna prioritas, toilet termasuk toilet disabilitas, guiding block (ubin disabilitas), kursi roda untuk pengguna disabilitas, dan layanan lainnya. 

Untuk fasilitas transaksi pembelian tiket KRL Solo Balapan-Palur, KAI Commuter menyediakan tiga pintu elektronik di Stasiun Solo Jebres dan lima gate elektronik di Stasiun Palur. Di masing-masing stasiun juga dilengkapi loket dan vending machine untuk memudahkan transaksi pembelian tiket.

Jadwal pemberangkatan dan tarif perjalanan KRL Jogja-Solo-Palur bisa diakses melalui aplikasi KRL Access. Pengoperasian KRL ini diklaim bisa memangkas waktu perjalanan jika dibandingkan menggunakan transportasi darat seperti sepeda motor atau mobil dan angkutan umum.

Baca Juga: KRL Rute Solo Balapan – Palur Diuji Coba, Segini Waktu Tempuhnya

KAI Commuter berharap dengan pengoperasian perjalanan KRL pada lintas Solo Balapan-Palur ini dapat memudahkan masyarakat melakukan mobilisasi menggunakan transportasi publik khususnya KRL menuju wilayah di Solo, Klaten dan Jogja.

KAI Commuter juga berharap dengan beroperasinya perjalanan KRL ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar Kabupaten Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya