80 Polisi Sragen Dites Antigen Sebelum Kelola Daging Kurban
Solopos.com|soloraya

80 Polisi Sragen Dites Antigen Sebelum Kelola Daging Kurban

Sebanyak 80 polisi anggota Polres Sragen menjalani tes antigen sebelum ikut mengelola daging kurban di halaman Mapores setempat.

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 80 polisi anggota Polres Sragen menjalani tes swab antigen sebelum mengelola daging kurban pada Iduladha tahun ini di Lapangan Mapolres Sragen, Selasa (20/7/2021). Polres Sragen menyembelih tujuh ekor sapi dan tujuh ekor kambing.

Daging hewan kurban itu untuk dibagikan kepada 600 rumah tangga sasaran dan sisanya dibagikan ke daerah lain yang membutuhkan. Sejumlah warga lain juga menyiapkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Iduladha dan Hari Tasrik.

Seperti di Pengkok, Kedawung, menyembelih hewan kurban sebanyak 166 ekor sapi dan 91 ekor kambing secara serentak satu desa. Di Perumahan Margoasri, Puro, Karangmalang, Sragen, menyembelih 38 ekor sapi pada Rabu (21/7/2021).

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga berkurban tiga ekor sapi yang diserahkan kepada takmir Masjid Kauman dan Masjid Raya Al Falah Sragen. Sapi kurban Bupati akan disembelih pada Rabu.

Baca Juga: Jatuh di Jeglongan Jl Sragen-Ngawi Sambungmacan, Warga Gondang Sragen Meninggal

“Dalam proses penyembelihan dan pengelolaan daging kurban, kami hanya melibatkan personel internal Polres Sragen. Ada 80 orang. Sebelumnya mereka sudah dites swab antigen untuk memastikan mereka tidak terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi saat ditemui Solopos.com di Lapangan Mapolres Sragen, Selasa siang.

Dalam praktiknya, Kapolres Sragen menambahkan polisi yang ikut mengelola daging kurban tetap mengedepankan protokol kesehatan, terutama jaga jarak dan menjaga kebersihan.

7 Kambing dan 7 Sapi

Kapolres menerangkan tahun ini menyembelih tujuh ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Hewan kurban itu berasal dari para anggota Polres Sragen. Ia mengatakan daging kurban itu rencana dibagikan kepada 600 rumah tangga sasaran di lingkungan seputaran Mapolres Sragen.

“Yang membagikan personel Polres Sragen sendiri. Berkurban ini menjadi sarana latihan memperkokoh dan mengasah pengorbanan dan kepedulian kepada sesama di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Baca Juga: Warga Plumbungan Sragen Salat Iduladha di Pinggir Dam Colo

Proses penyembelihan hewan kurban oleh polisi di Mapolres Sragen diawasi langsung petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sragen yang dikoordinasi Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Disnakan Sragen Jayanto. Tim ini bertugas memeriksa kondisi kesehatan hewan sebelum disembelih.

“Yang jelas memastikan hewan kurban memenuhi syarat, seperti sehat, umur cukup, tidak cacat. Setelah disembelih diperiksa kualitas hatinya, ada temuan cacing hati atau tidak. Kalau ada ya dibuang,” kata Jayanto saat berbincang dengan Solopos.com di Mapolres Sragen.

Daging Kurban Untuk Warga Isoman

Sementara itu, pemilik PT Putra Dadi Sejahtera (PDS) Sragen Budiono Rahmadi membentuk Sukarelawan Mari Bantu Bersama (MBS) untuk membantu keluarga yang menjalankan isolasi mandiri. Budiono menyampaikan dalam momentum Iduladha disiapkan satu ekor sapi kurban khusus bagi keluarga yang isolasi mandiri dan pondok pesantren.

Baca Juga: Vaksinasi di Desa Jenar Tertinggal, Bupati Sragen Tuding Kades Samto Tak Aktif Sosialisasikan Program

Ia menargetkan ada 500 paket daging kurban yang disiapkan. “Nanti daging kurban itu dikemas dan dimasukkan dalam paket sembako untuk diberikan kepada keluarga yang isolasi mandiri,” katanya.

Saat memberi bantuan, Budiono mengatakan sukarelawan MBS juga mendoakan warga yang isoman, mengedukasi mereka tentang penanganan Covid-19, serta memotivasi mereka untuk tetap semangat dan menjaga imunitas.

“Selain itu, kami membangkitkan semangat mereka dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, seperti Halo-Halo Bandung, Maju Tak Gentar, dan seterusnya,” imbuhnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago