SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi anak. (dok)

Solopos.com, KULONPROGO — Program vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun di Kulonprogo mendapat kendala. Sekitar 80 anak tidak diizinkan orang tuanya divaksin.

Sementara itu, menurut data Dinas Kesehatan Kulonprogo, jumlah anak 6-11 tahun yang belum divaksin masih 9.857 anak.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan capaian vaksinasi Covid-19 anak di wilayah Bumi Binangun mencapai 72,2% atau setara dengan 25.600 anak dari total target sasaran 35.457 anak.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari sekitar 9.857 anak, 50% di antaranya tidak hadir dengan berbagai alasan. Kemudian ada sekitar 46% yang urung divaksin karena sakit [ditunda]. Terakhir, ada 2% atau sekitar 87 anak yang tidak diizinkan ikut program vaksinasi dari orang tuanya atau menolak,” kata Baning saat jumpa pers yabg dilaksanakan di Kantor Dinkes Kulonprogo, Wates, Kulonprogo, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Kulonprogo Mencapai 34,51 Persen

Penolakan itu tidak langsung berasal dari sang anak. Akan tetapi, orang tua yang memutuskan anaknya tidak boleh menerima vaksin Covid-19. Sejumlah hal menjadi alasan orang tua menolak anak mereka disuntik vaksin Covid-19.

“Ada yang alasan agama, ada juga yang menolak karena menunggu vaksin produksi Indonesia. Intinya belum mau divaksin,” terang Baning.

Penolakan yang ada tidak membuat Dinas Kesehatan Kulonprogo menghentikan kegiatan sosialisasi vaksinasi Covid-19 ke masyarakat. Vaksinasi Covid-19 dinilai Baning masih menjadi upaya ampuh untuk menekan efek paparan Covid-19.

Baca Juga: Pemkab Kulonprogo Pesimistis Bisa Capai Vaksinasi 100 Persen Tahun Ini

“Kami tetap menggandeng sejumlah tokoh masyarakat. Kementerian Agama, serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonprogo untuk memberikan pentingnya vaksinasi Covid-19 ini ke masyarakat,” ungkap Baning.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, mengatakan upaya vaksinasi Covid-19 anak di Kulonprogo saat ini menjadi fokus perhatian dari Pemkab Kulonprogo.

“Buktinya, dari kabupaten maupun kota yang lain capaian vaksinasi Covid-19 anak kita lebih tinggi. Ini menunjukkan komitmen kami untuk menjaga kesehatan anak melalui vaksinasi Covid-19,” ujar Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya