SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati pesona alam Gunung Sepikul di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (29/2/2020). (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO — Di bawah ini terdapat beberapa wisata seru yang ada di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kabupaten yang berlokasi di utara Kota Solo ini ternyata menyimpan destinasi wisata yang menarik dikunjungi bersama keluarga, sanak saudara, kerabat, pasangan, hingga sahabat.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Di kabupaten yang kini dipimimpin Bupati Etik Suryani ini terdapat lokasi wisata yang begitu lengkap, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata air, hingga wisata kuliner.

Baca Juga:  Sederhana! Ini Cita-cita Bocah SD yang Jualan Snack di Jalanan Solo

Lalu, kira-kira apa saja sih wisata seru yang ada di Sukoharjo?

Berikut ini di antaranya, yang dikutip dari situs resmi Pemkab Sukoharjo dan berita yang pernah diulas Solopos.com.

Baca Juga: Layangan Putus Episode 7: Tahu Kinan Depresi, Aris Putuskan Lydia?

Wisata Seru di Sukoharjo

1. The Heritage Palace

wisata kece di solo wisata dekat bandara adi soemarmo wisata sukoharjo buka
Pujawisata bersama Fave Hotel Solo befoto bersama di The Heritage Palace (Solopos/Nugroho Meidinata).

Wisata baru dan ngehit yang berlokasi di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo ini menyuguhkan beragam spot foto menarik yang wajib dikunjungi.

Bangunan bekas pabrik gula zaman kolonial Belanda ini masuk dalam cagar budaya. Destinasi wisata yang buka sejak 2018 ini memiliki fasilitas unggulan, seperti Museum Transportasi, Museum 3D, Museum Omah Kwalik dan Taman.

Salah satu spot foto yang paling banyak diminati adalah bangunan utama dengan gaya romawi mewah nan megah. Untuk masuk ke wisata ini, kamu perlu mengeluarkan uang Rp55.000 (hari biasa) dan Rp65.000 (hari libur). Sedangkan jam bukanya dari 09.00-16.00 WIB.

Baca Juga: Harga Tiket MotoGP Mandalika 2022 Baru Dirilis, Berapa Paling Murah?

2. Pandawa Water World

Kolam renang utama objek wisata Pandawa Water World, Solo Baru, Sukoharjo. (Inna Surya Sari/JIBI/Solopos.com)
Kolam renang utama objek wisata Pandawa Water World, Solo Baru, Sukoharjo. (Inna Surya Sari/JIBI/Solopos.com)

Wisata yang berlokasi di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo ini memiliki beragam spot wisata air menarik untuk anak-anak maupun dewasa.

Kamu di sini dapat mencoba wahana air yang menantang, seperti bungy jumping, black hole, bungy river, wave pool, raf slide, racer slide, kiddy pool dan wahana menarik lainnya.

Bersumber dari akun Instagram resminya, spesial di Tahun Baru 2022, Pandawa Water World buka kembali dengan harga tiket Rp100.000 untuk empat orang di hari biasa. Sedangkan untuk hari libur Rp100.000 untuk tiga orang. Adapun jam operasionalnya dari 12.00-18.00 WIB (hari biasa) dan 10.00-18.00 WIB (hari libur). Perlu dicatat, sertiap hari Selasa tutup pada Januari 2022.

Baca Juga:  Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama 2022

3. Gunung Gajah Mungkur

gunung gajah mungkur sukoharjo ikon wisata
Lokasi Gunung Gajah Mungkur di Bulu, Sukoharjo, yang akan dikembangkan menjadi ikon wisata bernama Solo Grand View. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Wisata ngehit dan baru selanjutnya di Sukoharjo ada Gunung Gajah Mungkur yang berlokasi di Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu.

Wisata ini diproyeksikan menjadi ikon pariwisata di Sukoharjo. Gunung Gajah Mungkur sangat cocok bagi pehobi tracking atau pendakian terutama bagi pemula. Ketinggian gunung tak lebih dari 500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Gunung Gajah Mungkur bernama Laskar Pelangi menjadi spot paling menarik bagi para pemburu sunset. Mereka bisa menikmati Matahari menghilang di bawah garis cakrawala.

Kini, Gunung Gajah Mungkur sedang dikembangkan oleh seorang pengusaha menjadi wisata Solo Grand View.

Baca Juga:  Ternyata Ini Arti Nama dari Klaten, Kamu Sudah Tahu Belum?

4. Gunung Sepikul

Sejumlah pemuda menonton proses pembentangan bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia di kawasan Gunung Sepikul, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sabtu (15/8/2020). (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

Gunung atau bukit Sepikul juga masuk dalam wisata baru nan hit di Sukoharjo. Lokasinya sendiri berada di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu.

Objek wisata Gunung Sepikul Sukoharjo sangat cocok bagi pehobi tracking atau pendakian terutama bagi pemula. Ketinggian gunung hanya sekitar 350 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun, para pendaki pemula tetap harus mempersiapkan fisik dan bekal minum sebelum tracking.

Para pengunjung hanya ditarik biaya parkir kendaraan bermotor yakni sepeda motor Rp2.000 per unit dan mobil Rp5.000 per unit.

Ada beberapa spot keren yang menjadi incaran para pehobi tracking atau traveler saat melewati jalur pendakian Gunung Sepikul. Mereka bakal melewati bebatuan berukuran besar yang menjadi spot foto menarik. Seperti Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tinggik, Watu Pawon, Watu Giring dan Watu Tumpuk.

Baca Juga:  Ada yang Mau Pinjam Piala Liga 2 Persis Solo, Ini Reaksi Kocak Gibran

5. Desa Wisata Ngrombo

Pengunjung berpose di tengah kampung gitar di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Saryadi)
Pengunjung berpose di tengah kampung gitar di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Saryadi)

Desa Wisata Ngrombo di Baki, Sukoharjo juga patut kamu kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Jamu ini.

Desa Ngrombo dikenal sebagai kampung gitar atau sentra industri gitar di Kabupaten Sukoharjo. Tak hanya gitar, potensi lain dari desa ini ada budaya, kuliner, serta wisata alam.

Keempat potensi desa ini menjadi bagian tak terpisahkan yang dioptimalkan pokdarwis setempat sehingga mengantar Ngrombo, Sukoharjo, menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia.

Baca Juga:  Kabar Rio Ramadhan Meninggal Dipastikan Hoaks, Akun Medsosnya Dihack

6. Ronce Stable

wisata berkuda sukoharjo
Salah satu pengunjung menjajal olahraga berkuda di Ronce Stable, Tepisari, Polokarto, Sukoharjo, Jumat (8/10/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Objek wisata di Desa Tepisari, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, ini memiliki konsep yang terbilang unik di wilayah Soloraya. Tempat wisata bernama Ronce Stable ini menawarkan sensasi berkuda layaknya di ranch atau peternakan wilayah Amerika.

Pengunjung bisa menjajal berkuda dengan biaya murah sekaligus menikmati kuliner dan pemandangan alam sekitar yang hijau menyejukkan.

Wahana berkuda di Ronce Stable terkonsep sangat matang di tempat tersebut. Selain terdapat tiga lahan untuk riding atau berkuda, terdapat juga kandang kuda yang ditujukan sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak.

Untuk tiket masuknya pun cukup murah, kamu bisa berkelling kampung satu kali dengan kuda dengan biaya Rp20.000. Bagi yang ingin belajar privat mengendari kuda untuk member tarifnya Rp130.000 per jam, dan nonmember Rp150.000 per jam termasuk fasilitas helm dan sepatu.



Baca Juga: Misteri Perempuan Berkulit Mirip Ikan di Waduk Gebyar Sragen

7. Kraton Kartasura

Objek wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat ke Sukoharjo ada Kraton Kartasura.

Di sini, terdapat beberapa peninggalan Kraton Kartasura sebelum pindah ke Solo, antara lain Alun-alun, Kolam Segaran (sekarang menjadi lapangan), Gedong Obat yang dulu gudang mesiu. Kemudian, ada tembok belubang akibat geger pecinan, sumur  yang digunakan untuk memandikan pusaka-pusaka kerajaan, makam BRAy Sedah Mirah, tembok benteng dari batu bata setebal dua hingga tiga meter, dan masjid yang diabngun Sunan Paku Buwono II.

Baca Juga:  Ayah Meninggal-Ibu Sakit, Bocah SD Ini Jualan Snack di Jalanan Solo

8. Pesanggrahan Langenharjo

pesanggrahan langenharjo sukoharjo
Proses revitalisasi Pesanggrahan Langenharjo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, berhenti karena menunggu revisi studi kepurbakalaan rampung. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Indah Septiyaning W.)

Wisata selanjutnya yang menarik dikunjungi saat ke Sukoharjo ada Pesanggrahan Langenharjo di Grogol.

Pasanggrahan Langenharjo terletak di tepi sebelah utara Sungai Bengawan Solo atau tepatnya di Kampung Langenharjo. Pasanggrahan ini dibangun oleh Paku Buwono (PB) IX setelah menjalani topo ngeli di Sungai Bengawan Solo tahun 1870, dan kini dilanjutkan oleh keluarga Kraton Kasunanan Surakarta untuk tempat rekreasi.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya