SOLOPOS.COM - Suasana Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (20/6/2021) siang. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat rekomendasi tempat wisata menarik di Kota Solo, Jawa Tengah, yang bisa dikunjungi bersama keluarga, sahabat, pasangan, maupun kerabat dekat.

Bukan hanya soal kulinernya, Kota Solo juga mempunyai beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjung, mulai dari wisata sejarah, pendidikan, hingga wisata belanja.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Beberapa destinasi wisata di Kota Solo juga mudah diakses kok karena berada di lokasi yang strategis. Apalagi Kota Solo mempunyai luas wilayah yang tak begitu luas.

Baca Juga:  Sama-sama Siaga, Apa Sih Beda Erupsi Gunung Semeru dan Merapi?

Lalu, apa saja tempat wisata di Kota Solo yang menarik dikunjungi?

Berikut ini di antaranya, yang dikutip Solopos.com dari berbagai sumber.

Baca Juga:  Ini Dia Sosok TKI yang Dapat Warisan Rp1 Miliar dari Aktor Taiwan

Tempat Wisata Menarik di Kota Solo

1. Keraton Solo

keraton solo gibran daerah istimewa surakarta bangunan
Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Tempat wisata menarik di Kota Solo yang bisa dikunjungi pertama adalah Keraton Solo.

Di sini, kamu bisa melihat benda-benda bersejarah di masa lampau. Lokasi tempat wisata ini juga terbilang strategis karena berada di dekat Pasar Klewer. Untuk tiket masuknya adalah Rp15.000 per orang.

Berdasarkan informasi yang tertera pada akun Instagram milik Keraton Solo, jam buka wisata sejarah ini dari Senin-Kamis (09.00-14.00 WIB) dan Sabtu-Minggu (09.00-16.00). Untuk hari Jumat tutup.

Baca Juga:  Layangan Putus Episode 5: Saking Emosi, Kinan Tak Kuat dan Gebrak Meja

2. Gedung Djoeang 45

Suasana Kompleks Gedoeng Djoeang ‘45, Jl. Mayor Sunaryo, Kelurahan Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (20/9/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)
Suasana Kompleks Gedoeng Djoeang ‘45, Jl. Mayor Sunaryo, Kelurahan Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (20/9/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Tempat wisata menarik di Kota Solo selanjutnya ada Gedung Djoeang 45.

Gedung Djoeang 45 adalah salah satu bangunan bersejarah di Kota Solo yang direvitalisasi menjadi wisata kekinian. Bangunannya berdiri cantik dengan arsitektur khas Eropa dan bernuansa mediteranean.

Melansir Bisnis.com, jam operasional Gedung Djoeang 45 dimulai pada pukul 17.00 WIB. Untuk masuk ke sana, pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3.000. Namun, jika ingin masuk ke area lebih dalam, pengunjung harus membayar Rp15.000 per orang.

Baca Juga:  Viral Video Jembatan Shiratal Mustaqim, di Mana Lokasinya?

3. Taman Satwa Taru Jurug

SIPA solo 2021
Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo yang bakal dijadikan sebagai venue pentas Solo International Performing Arts (SIPA) 2021. (Solopos/Ika Yuniati)

Tempat wisata menarik lainnya di Kota Solo ada Taman Satwa Taru Jurug.

Destinasi wisata berupa kebun binatang ini buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Untuk harga tiketnya pun terbilang murah, yakni Rp25.000 saja bagi wisatawan umum dan pesepeda serta Rp30.000 untuk mancing.

Baca Juga: Kabar Mengejutkan dari Ivan Gunawan: Ngaku Punya Anak, Namanya Eqqel

4. Taman Balekambang Solo

wisata Solo PPKM level 2 pengunjung objek wisata solo
Pengunjung berjalan saat mengunjungi Taman Balekambang, Solo, Minggu (10/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Tempat wisata menarik lainnya di Kota Solo ada Taman Balekambang Solo.

Taman Balekambang merupakan taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Taman ini dibuka untuk umum mulai 07.00 – 18.00 WIB setiap hari.

Untuk masuk ke Taman Balekambang Solo, kamu tak perlu repot-repot mengeluarkan uang. Pasalnya, wisata ini gratis, kecuali jika kamu ingin menikmati wahana yang ada di dalam taman ini akan dikenakan biaya khusus.

Baca Juga:  Ternyata Ini Awal Mula Munculnya Mitos Larangan Pacaran di Gunung Muria

5. Benteng Vastenburg

Suasana gerbang masuk sisi barat di Benteng Vastenburg, Solo, Jumat (26/2/2016). Pemkot Solo berencana merevitalisasi jembatan dan gerbang sisi barat tersebut sesuai dengan desain asli yang tersimpan di Belanda. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)
Suasana gerbang masuk sisi barat di Benteng Vastenburg, Solo, Jumat (26/2/2016). Pemkot Solo berencana merevitalisasi jembatan dan gerbang sisi barat tersebut sesuai dengan desain asli yang tersimpan di Belanda. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Tempat wisata menarik lainnya di Kota Solo ada Benteng Vastenburg.



Benteng Vastenburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta dan dibangun pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Tiket masuk wisata ini juga terbilang sangat murah. Mengutip dari portal resmi Badan Otorita Borobudur Kemenparekraf, hara tiketnya hanya Rp1.000 (anak-anak) dan Rp2.000 (dewasa). Jika ingin berkunjung ke lokasi Benteng Vastenburg, sebenarnya bentengnya sendiri buka selama 24 jam. Sebab, bagian luar benteng akan selalu terbuka. Tetapi untuk masuk ke bagian benteng hanya sampai waktu sore saja. Terdiri dari empat bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing sebagai wisata edukasi sejarah. Makannya, sangat asyik bila berkunjung ke sini.

Baca Juga:  Ini Sumber Kekayaan Ustaz Yusuf Mansur: dari Saham hingga Usaha Kuliner

6. Alun-alun Kidul

Alkid Solo ditutup
Kerumunan warga di Alun-alun Kidul Keraton Solo saat petugas gabungan datang melakukan sosialisasi dan penertiban, Minggu (12/7/2020) sore. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Tempat wisata menarik yang ada di Solo lainnya ada di Alun-alun Kidul.

Di sini, kamu bisa memberikan makan kebo bule yang begitu legendaris. Untuk makannya, kamu bisa beli kangkung yang dijajakan oleh pedagang di sekitar Alun-alun Kidul.

Untuk harga tiketnya, enggak ada kok alias gratis.

Baca Juga:  Deretan Kuliner Porsi Jumbo di Soloraya, Kamu Pernah Coba?

7. Wisata Museum

(Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)
Museum Keris Solo (JIBI/Solopos/Dok.)

Tempat wisata menarik lainnya ada di Solo ada wisata museum.

Ada beberapa museum di Kota Solo, seperti Museum Radya Pustaka, Museum Keris, Museum Batik Danar Hadi, hingga Museum Pers Nasional.

Baca Juga:  Biar Gak Itu-itu Aja, Ini Ada Ide Kado Natal untuk Keluarga

8. Wisata Belanja

pedulilindugi pasar klewer solo pedagang bermobil pasar klewer solo
Pasar Klewer Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Tempat wisata belanja yang asyik nan menarik di Kota Solo ada banyak hlo.

Kamu bisa mengunjungi Beteng Trade Centre (BTC), Pusat Grosir Solo (PGS), Pasar Klewer dan juga beberapa mal di Kota Bengawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya