SOLOPOS.COM - Sekretaris MWA, Prof Tri Atmojo Kusmayadi (kiri) dan Ketua Tim Teknis Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UNS, Agus Riwanto, saat diwawancarai wartawan di Sekretariat P3CR UNS di Lantai II Gedung UNS Inn, Solo, Senin (10/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Delapan profesor dari berbagai bidang mendaftar sebagai bakal calon pada pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo. Pendaftaran bakal calon UNS Solo akan ditutup pada Senin (10/10/2022) ini pada pukul 19.00 WIB.

Meski pendaftaran ditutup pada malam ini, pendaftar diberi waktu untuk melengkapi berkas hingga Selasa (11/10/2022). Sudah ada delapan pendaftar hingga Senin pukul 15.40 WIB dan dua di antaranya sudah melengkapi berkas persyaratan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UNS Solo 2023-2028 masih terus menunggu dan membuka pintu bagi siapa pun yang ingin mendaftar baik dari internal UNS ataupun dari luar UNS dengan syarat-syarat yang ditentukan.

Sebagai informasi, UNS saat ini berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) sehingga bisa membuka kesempatan bagi calon rektor dari luar UNS Solo jika memenuhi syarat saat pemilihan.

Nantinya, jika lolos dari tahap penjaringan oleh P3CR, bakal calon rektor akan dinilai oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UNS untuk ke jenjang selanjutnya, yakni pembahasan visi dan misi.

Baca Juga: Pemilihan Rektor UNS Solo, Pendaftar Boleh dari Perguruan Tinggi Lain

Sekretaris MWA, Prof Tri Atmojo Kusmayadi, kepada para wartawan di sekretariat P3CR UNS Lantai II Gedung UNS Inn, Senin, menjelaskan sudah ada delapan bakal calon yang mendaftar, dua di antaranya sudah melengkapi berkas yang dibutuhkan.

Perbaikan Berkas Pendaftar Calon Rektor UNS

“Saat ini kami masih menunggu bagi yang ingin mendaftar, sejauh ini sudah ada delapan dari UNS semua yang mendaftar ke sekretariat dan kemungkinan masih bertambah,” jelas Tri Atmojo.

Tri Atmoko menjelaskan delapan pendaftar yang semuanya profesor itu yaitu Prof Dr Kuncoro Diharjo, Prof Reviono, Prof Dr Hartono, Prof Dr rer nat Sajidan, Prof Dr Samanhudi, Prof Venty Suryanti, Prof Dr I Gusti Ayu KRH, dan Prof Dr Bandi. “Yang sudah melengkapi berkas ada Prof Samanhudi dan Prof Dr Hartono, lainnya masih ada perbaikan,” imbuh Tri Atmojo.

Baca Juga: Pemilihan Calon Rektor UNS Solo Dimulai, Pendaftaran Dibuka sampai 10 Oktober

Sementara itu, Ketua Tim Teknis P3CR, Agus Riwanto, menjelaskan masih menunggu jika ada pendaftar calon rektor dari luar UNS yang ingin ikut pemilihan. Keikutsertaan calon dari luar UNS akan menambah dinamika sekaligus menjadi poros lain dalam pemilihan nanti.

“Karena UNS sudah menjadi PTN BH, kami bisa menjaring calon dari luar UNS, asalkan sesuai dengan kriteria seperti merupakan dosen dan pernah mengajar, karena rektor itu kan seperti manajer di dunia perkuliahan,” katanya.

Tahapan Penjaringan Calon Rektor UNS

Lebih lanjut, Agus yang juga Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum (FH) UNS ini menjelaskan P3CR UNS akan secara aktif meminta para bakal calon rektor UNS melengkapi berkas dan memberi batas waktu hingga hari Selasa (11/10/2022).

“Kami tidak menggugurkan calon hanya karena berkas, kami juga proaktif agar calon bisa melengkapi berkas, paling tidak P3CR UNS masih harus mendorong para bakal calon rektor ini untuk melengkapi berkasnya,” jelasnya.

Baca Juga: Pendaftaran Bakal Calon Rektor UNS Dibuka Online dan Offline, Cek Jadwalnya

Kekurangan berkas dari para pendaftar pemilihan calon rektor UNS Solo itu, menurut Agus, misalnya makalah kurang lengkap karena minimal 10 halaman. Selain itu juga penilaian kinerja dari atasan belum sempat dicetak (print).

Setelah masa penftaran, proses penjaringan bakal calon rektor UNS Solo dilanjutkan dengan verifikasi kelengkapan persyaratan pendaftar pada 12-14 Oktober 2022.

Bagi bakal calon Rektor UNS yang lolos tahap verifikasi akan diberikan kesempatan untuk memaparkan misi dan visinya pada 16-17 Oktober 2022. Setelah itu, MWA UNS akan menetapkan tiga calon Rektor UNS pada 20 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya