SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kereta Api Baturraden Ekspres. (Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V/Purwokerto membatalkan 8 perjalanan KA selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung pada 3 Juli-20 Juli 2021.

Mengutip Antara, Sabtu (3/7/2021), Manajer Humas PT KAI Daops V/Purwokerto Ayep Hanapi  mengatakan kebijakan ini berkaitan dengan perkembangan pandemi Covid-19. “Ini sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan delapan perjalanan KA yang dibatalkan tersebut terdiri atas empat KA jarak jauh, tiga KA aglomerasi, dan satu KA lokal. Dalam hal ini, empat perjalanan KA jarak jauh yang dibatalkan terdiri atas KA Purwajaya rute Cilacap-Purwokerto-Gambir pergi pulang (PP) untuk keberangkatan tanggal 4, 11, 16, 18, dan 20 Juli 2021, KA Sawunggalih Malam rute Kutoarjo-Pasarsenen PP keberangkatan tanggal 3-5 Juli, 8-12 Juli, dan 15-20 Juli 2021.

Baca Juga : Pemkab Banyumas Tambah RS Darurat Covid-19

Selanjutnya, KA Kertanegara rute Malang-Purwokerto PP keberangkatan tanggal 4, 9, 11, 16, 17, 18, dan 20 Juli 2021, serta KA Baturraden Ekspres rute Purwokerto-Cikampek-Bandung PP keberangkatan tanggal 4 Juli 2021.

Sementara itu untuk tiga perjalanan KA aglomerasi yang dibatalkan terdiri atas KA Joglosemarkerto rute Solo-Semarangtawang-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Solo PP keberangkatan tanggal 3-20 Juli 2021, KA Joglosemarkerto rute Purwokerto-Tegal-Semarangtawang–Solo keberangkatan tanggal 3-20 Juli 2021, dan KA Kamandaka rute Purwokerto-Semarang Tawang PP keberangkatan tanggal 3-20 Juli 2021.

Sedangkan satu perjalanan KA lokal yang dibatalkan, yakni KA Bandara YIA rute Yogyakarta-Kebumen PP keberangkatan tanggal 3-20 Juli 2021. “Pembatalan keberangkatannya bervariatif. Ada yang dibatalkan setiap hari selama PPKM Darurat, ada yang dibatalkan pada weekdays saja, dan ada yang pada akhir pekan saja,” kata Ayep.

PT KAI Daops V/Purwokerto masih mengoperasikan lima KA jarak jauh selama PPKM Darurat, yakni KA Serayu Pagi rute Purwokerto–Kroya-Kiaracondong–Pasarsenen PP, KA Serayu Malam rute Purwokerto–Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP, KA Kutojaya Selatan rute Kutoarjo-Kiaracondong PP, KA Sawunggalih Pagi rute Kutoarjo-Pasarsenen PP, dan KA Wijayakusuma rute Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang PP.

Baca Juga : Tiap Desa di Banyumas Diminta Punya Tempat Isolasi

Menurut dia, penghentian sementara tersebut dilakukan dalam upaya penataan ulang jadwal dan perjalanan beberapa rute kereta api untuk peningkatan pelayanan agar semakin selaras dengan kebutuhan pelanggan.

“Terkait pembatalan tersebut, KAI akan menghubungi penumpang yang telah memesan tiket sebelumnya. KAI menawarkan dua opsi, yakni pembatalan dan pengalihan atau penggantian jadwal perjalanan,” katanya.

Akan tetapi jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan perjalanannya ke kereta api lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan kereta api, PT KAI akan mengembalikan bea secara penuh 100 persen di luar bea pesan secara tunai. “Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya