SOLOPOS.COM - Wisatawan di Umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten, Selasa (27/10/2020). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Berikut ini beberapa destinasi wisata seru yang ada di Klaten, Jawa Tengah.

Kabupaten yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta ini menyimpan lokasi wisata yang menarik dikunjungi bersama keluarga, sanak saudara, kerabat, pasangan, hingga sahabat.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Di kabupaten yang kini dipimimpin Bupati Sri Mulyani ini terdapat lokasi wisata yang begitu lengkap, mulai dari wisata adrenalin, wisata alam, wisata air, wisata budaya, sejarah hingga kuliner.

Baca Juga:  Viral Surat Keterangan KTP Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan

Lalu, kira-kira apa saja sih wisata seru yang ada di Klaten?

Berikut ini di antaranya, yang dikutip dari situs resmi Pemkab Klaten dan berita yang pernah diulas Solopos.com.

Baca Juga: Profil Ardes Goenawan, Presenter yang Berharap Timnas Indonesia Kalah

Wisata Seru di Klaten

1. Kereta Gantung Girpasang

Pengunjung menumpang gondola menuju ke Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Sabtu (30/10/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Jika kamu suka menantang adrenalin, coba deh kunjungi wisata Kereta Gantung Girpasang di Tegamulyo, Kemalang, Klaten.

Kereta gantung akan melintas sejauh 125 meter dari Dukuh Bringin menuju Dukuh Girpasang. Pengunjung bisa menikmati sensasi keindahan Gunung Merapi dari atas udara sekaligus uji nyali. Dari waktu ke waktu kunjungan ke wisata Girpasang terus meningkat. Apalagi didukung menjamurnya kedai- kedai kopi dengan pemandangan Gunung Merapi sangat eksotik.

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Hit di Wonogiri, Ada yang Bernuansa Bali Hlo!

2. Deles Indah

Deles Indah Klaten
Pengunjung berfoto di monumen Deles Indah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang belum lama ini. Warga Deles Indah menawarkan wisata camping berkonsep pendakian. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Nah, bagi yang suka pemandangan alam Gunung Merapi yang sangat cantik, kamu bisa mengunjungi wisata Deles Indah di Kemalang, Klaten atau tepatnya 25 km dari pusat kota Klaten.

Tempat wiata ini berada di ketinggian 800-1.300 mdpl. Dengan ketinggiannya tersebut, sudah pasti Deles Indah mempunyai pemandangan alam yang sangat cantik. Dari Deles Indah, kamu juga bisa melihat ketinggian dan keindahan puncak Gunung Merapi yang masih aktif. Di sini, kamu juga bisa foto-foto dengan latar belakang hutan pinus. Untuk harga tiketnya sendiri adalah Rp5.000 saja per orangnya dengan jam buka dari 06.00-18.00 WIB.

Baca Juga: Cerita Asli Lengkap Layangan Putus Versi Mommy ASF yang Sempat Viral

3. Objek Wisata Air Cokro

Suasana di Objek Wisata Mata Air Cokro (OMAC), di Kecamatan Tulung, Klaten, Rabu (21/6). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos) objek wisata pemkab
Suasana di Objek Wisata Mata Air Cokro (OMAC), di Kecamatan Tulung, Klaten, Rabu (21/6/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Bagi yang suka basah-basahan atau berenang bisa mengunjungi wisata di Klaten satu ini, yakni Objek Wisata Air Cokro.

Wisata air ini berada di Desa Cokro, Kecamatan Klaten. Ada permainan-permainan seru yang adai di Objek Wisata Air Cokro, seperti flying fox, jembatan goyang, kolam slider, kolam arus, serta waterboom.

Untuk harga tiketnya sendiri adalah per orang Rp11.500 (hari libur) dan Rp7.500 (hari biasa) serta buka dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Baca Juga: Ini Dia Gereja Tertua dan Pertama di Kota Solo

4. Umbul Ponggok Klaten

objek wisata air di Klaten Umbul Ponggok Pelem pembukaan wisata air klaten
Pengunjung berenang di Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Kamis (29/10/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Wisata air yang enggak kalah seru di Klaten ada Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkeling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter.

Untuk harga tiketnya per orang adalah Rp15.000 atau Rp30.000 yang sudah lengkap dengan paket snorkeling dan jam bukanya dari 06.00-16.00 WIB.

Baca Juga:  Lokalisasi Silir, Jejak Sejarah Bisnis Prostitusi di Kota Solo

5. Riverboarding Kali Pusur

wisata air jateng
Pengunjung menikmati wahana river tubing Kali Pusur di objek wisata Watu Kapu, Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten, belum lama ini. (Istimewa)

Bagi yang suka adrenalin yang menantang, kamu bisa mengunjungi wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten.

Kamu bakal diajak menyusuri Kali Pusur yang melintas di tiga desa di Kecamatan Tulung dan juga Kecamatan Polanharjo. Jalur sepanjang 10 km ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 3 jam. Untuk tiket masuknya sendiri ada Rp150.000 per orang dengan jam buka 08.00-15.00 WIB.

Baca Juga:  Tempat Wisata Menarik di Boyolali, Pemandangannya Bikin Susah Move On



6. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang. (Instagram.com)

Wisata nan asyik berikutnya yang ada di Klaten ada Air Terjun Luweng Sampang yang berlokasi di Kecamatan Gantiwarno.

Air terjun ini memiliki karakteristik batuan yang sekilas mirip dengan Grand Canyon dari AS. Batuannya terkena erosi air dan memiliki lapisan batuan yang bergaris-garis. Tinggi air terjun ini cukup pendek, hanya 5 meter saja.

Untuk tiket masuknya terbilang sangat murah, yakni Rp2.000 saja per orang dengan jam buka 09.00-17.00 WIB.

Baca Juga: Asal-usul Santa Claus dalam Perayaan Natal dengan Berbagi Hadiah

7. Candi Plaosan

Candi Plaosan Ditutup
Kompleks Candi Plaosan di Desa Bugisan, Kecamata Prambanan masih tertutup untuk kunjungan wisata, Senin (31/8/2020). Pembukaan kembali kawasan situs cagar budaya itu untuk umum dilakukan setelah ada simulasi. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Sudah bersenang-senang dengan wisata air, alam dan adrenalin, saatnya kamu berwisata sejarah di Candi Plaosan yang berlokasi di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan.

Meski Candi Plaosan ini adalah Candi Budha, tetapi arsitektur candi ini perpaduan gaya Hindu dan Budha. Candi Plaosan di perkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu.

Untuk tiket masuknya di candi ini adalah Rp5.000 per orang dengan jam buka 09.00-17.00 WIB.

Baca Juga:  Profil Miftachul Akhyar, Rais Aam PBNU Terpilih di Muktamar ke-34 NU

8. Candi Prambanan

Umat Hindu membawa air suci dan sesaji saat upacara Abhiseka di pelataran Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/11/2021). Upacara Abhiseka merupakan prosesi penyucian dan peringatan diresmikannya Candi Prambanan pertama kali oleh Rakai Pikatan pada tahun 856 Masehi sebagai penanda puncak kekuasaan kerajaan Mataram Kuno. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.

Enggak afdal jika berkunjung ke Klaten belum mengunjungi wisata Candi Prambanan, yang lokasinya persis di perbatasan Klaten dan Sleman di DIY.

Wisata menarik ini bisa kamu nikmati dengan harga tiket masuk Rp30.000 per orang (dewasa) dan Rp12.500 (anak-anak). Jam operasional objek wisata ini dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Baca Juga:  Sempat Disinggung Jokowi, Apa Itu Metaverse?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya