[x] close
8 Curug Eksotis di Desa Wisata Ketenger Banyumas Suguhkan Keindahan Serupa di Swiss
Solopos.com|jateng

8 Curug Eksotis di Desa Wisata Ketenger Banyumas Suguhkan Keindahan Serupa di Swiss

Desa Wisata Ketenger di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikelilingi air terjun yang indah dan eksotis.

Solopos.com, BANYUMAS – Desa wisata Ketenger di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memiliki pesona alam menakjubkan seperti di Swiss. Pemandangan asri dengan pepohonan rindang serta aliran sungai yang jernih seakan benar-benar memberikan nuansa keasrian perdesaan Swiss.

Desa wisata semakin indah dengan beberapa air terjun yang mengelilinginya. Ada sekitar delapan curug di sana yang menyuguhkan pemandangan alami dengan kejernihan sumber mata air. Di antaranya Curug Bayan, Curug Jenggala, Curug Kembar, Curug Celiling, Curug Lawet, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Parah! Zona Merah Covid-19 di Jateng Bertambah Jadi 8 Kabupaten

Selain pesona alam, Dewa wisata Ketenger memiliki situs bersejarah, seperti Rel Lori. Situs ini merupakan jalur kereta untuk mengangkut hasil hutan pada masa kolonial Belanda.

Desa Wisata Ketenger
Desa Wisata Ketenger (Instagram/@banyumas24jam)

Kemudian ada juga bendungan peninggalan Jepang yang dibangun kembali oleh PLTA setempat dan sekarang menjadi salah satu wisata air.

Desa Wisata Ketenger juga menyuguhkan tontonan keseniah khas daerah Banyumas sebagai sarana hiburan serta edukasi. Salah satu kesenian yang disuguhkan adalah kesenian ebeg atau tari kuda lumping yang merupakan kesenian khas Banyumas.

Baca juga: Soloraya Ikut Bergetar Jika Gempa Megathrust & Tsunami Terjadi di Pesisir Selatan Jawa

Keindahan alam, situs bersejarah, hingga kesenian tradisional dalam satu paket inilah yang menjadi potensi dan keunikan desa wisata ini. Awalnya, desa ini dikelola secara swadaya oleh dua organisasi, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ‘Ketenger Adventure’ dan Pengurus Desa Wisata ‘Gita Gumilang.’ Namun sekarang ini hanya Pokdarwis ‘Ketenger Adventure’ yang aktif mengelola kawasan desa ini.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago