SOLOPOS.COM - Capture CCTV Dishub Sukoharjo di Bundaran Kartasura, Rabu (4/5/2022).

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo mencatat sejumlah 79.928 total kendaraan keluar dari Sukoharjo pada H+1 Lebaran, Selasa (3/5/2022). Hal itu disampaikan Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, kepada Solopos.com, Rabu (4/5/2022). Dia menyebut jumlah kendaraan yang keluar Sukoharjo berasal dari dua lokasi.

“Jumlah kendaraan yang keluar dari Sukoharjo [melalui Tugu Kartasura] sejumlah 39.593 kendaraan, dengan peningkatan 17,7% dari lalu lintas normal, dan lalu lintas terpadat berlangsung pukul 16.45 WIB-17.45 WIB,” jelasnya kepada Solopos.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumlah kendaraan tersebut hasil pencatatan pada Selasa (3/5/2022) malam. Sementara, jumlah kendaraan pada waktu normal yang melewati Tugu Kartasura tercatat sebanyak 33.640 kendaraan.

“Jumlah kendaraan yang keluar dari Sukoharjo sejumlah 40.335 kendaraan, dengan peningkatan sebesar 9.2% dari lalu lintas normal, lalu lintas terpadat berlangsung pukul 15.45 WIB-16.45 WIB,” katanya.

Jumlah Kendaraan

Lebih dari 60% kendaraan yang keluar Sukoharjo didominasi sepeda motor. Tercatat 61,3% sepeda motor melintasi Tugu Kartasura, 33,9% mobil, 3,2% angkutan barang, dan 1,6% angkutan penumpang.

Sementara itu 67,5% sepeda motor, 29,2% mobil, 2,3% angkutan barang, dan 1% angkutan penumpang, tercatat melewati Bulog Bulakrejo keluar dari Sukoharjo.

Baca juga: Lalu Lintas Sukoharjo Ramai Lancar, Mengular di Bundaran Kartasura

Dia mengatakan kepada pengendara untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas, mengikuti petunjuk petugas di lapangan dan utamakan keselamatan di jalan. Tak hanya itu, dia berpesan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, Situasi arus lalu lintas di wilayah Sukoharjo pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022), terpantau ramai lancar. Kendaraan terlihat padat di sejumlah lokasi terutama dekat gerbang tol Colomadu.

“Ramai dari GT [gerbang tol] Colomadu,” kata Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana, kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: PDAM Sukoharjo Imbau Warga Hemat Air selama Libur Lebaran

Bundaran Kartasura

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo melalui akun Instagram @dishubsukoharjo, juga mengunggah informasi mengenai kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut.

“Info lalu lintas H+1 Lebaran [Selasa], terjadi kepadatan lalu lintas di Bundaran Kartasura pukul 12.15 WIB dari arah Semarang. Tetap patuhi rambu lalu lintas, utamakan keselamatan di jalan,” demikian tertulis dalam Instastory @dishubsukoharjo, Selasa.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Solopos.com melalui CCTV Dishub Sukoharjo dalam laman cctv-dishub.sukoharjokab.go.id, beberapa lokasi terpantau ramai lancar pada pukul 17.00-18.00 WIB, Selasa.

Baca juga: Mabuk dan Lakukan Tabrak Lari di Sukoharjo, Apa Hukuman Tersangka?

Sedangkan berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi Jalan Raya Solo-Baki hingga menuju ke Tugu Lilin Kartasura juga terpantau ramai lancar sekitar pukul 18.30 WIB.

Di sisi lain di simpang empat Kartasura dari arah Bandara Adi Sumarmo terpantau mengalami kemacetan pada pukul 19.00 WIB. Kendaraan mengular dari simpang empat Kartasura hingga di depan SMPN 1 Kartasura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya