SOLOPOS.COM - Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri pada tahap kedua. (Istimewa-dok PT Pembangunan Perumahan)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 77 bidang tanah di tiga desa yang terkena proyek pembangunan Waduk Pidekso, Giriwoyo, Wonogiri hingga Oktober ini belum dibebaskan.

Pembebasan lahan terdampak proyek Waduk Pidekso Wonogiri belum selesai karena masih dalam proses pemenuhan persyaratan untuk keperluan pembayaran ganti rugi. Pihak terkait sudah menyiapkan anggaran ganti rugi senilai Rp9,091 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo atau BBWSBS, Rabu (14/10/2020), sebanyak 77 bidang tanah itu terdiri atas 68 lahan masyarakat dan sembilan bidang tanah kas desa, wakaf, dan tanah negara.

Menara Masjid Al Aqsha Klaten Tak Kunjung Dibuka untuk Umum, Ternyata Ini Sebabnya

Dari 77 bidang tersebut 43 bidang seluas 33.580 m2 atau 3,35 hektare atau ha sudah divalidasi pelaksana pengadaan tanah atau P2T.

Dari 43 bidang tanah itu sebanyak 29 bidang di Desa Pidekso dan 14 bidang di Desa Tukulrejo, keduanya Kecamatan Giriwoyo. Nilai ganti rugi untuk 43 bidang lahan itu mencapai Rp4,27 miliar.

Sementara, 34 bidang lainnya seluas 28.603 m2 atau 2,86 ha masih proses validasi P2T. Sebanyak tujuh bidang di Pidekso dan 27 bidang lainnya di Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno. Nilai ganti rugi senilai Rp4,81 miliar.

Pembelajaran Tatap Muka SMA/SMK Kota Madiun dan Ngawi Tergantung Izin Pemda

Total lahan terdampak proyek sebanyak 1.634 bidang atau seluas 302,47 ha. Total anggaran pembebasan lahan yang disiapkan senilai lebih kurang Rp703 miliar.

Nilai Ganti Rugi Dibayarkan

Berdasar data itu berarti 1.557 bidang tanah atau lebih dari 98 persen sudah dibebaskan. Ganti rugi yang sudah dibayarkan senilai lebih kurang Rp693,909 miliar. Pembebasan lahan terdampak proyek dimulai 10 Mei 2018. Proyek ditarget 25 Desember 2021.

Kepala Seksi Bendungan BBWSBS, Khoirul Murod, saat ditemui di Wonogiri, belum lama ini, menyampaikan pembebasan lahan belum sepenuhnya rampung disebabkan beberapa faktor.

Solopos Hari Ini: Longgar Tak Berarti Aman

Salah satunya masih adanya perbedaan persepsi antara Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN selaku kuasa pengguna atau penyedia anggaran dengan Badan Pertanahan Negara atau BPN dalam menafsirkan regulasi.

Sesuai ketentuan, LMAN berwenang menambah syarat yang ditentukan jika diperlukan. Pada sisi lain, masih ada pemilik lahan yang belum melengkapi syarat tambahan tersebut.

Faktor lainnya belum ada ketegasan bisa tidaknya tanah negara yang dikuasai masyarakat diganti rugi. “Pandemi Covid-19 juga menjadi kendala,” kata Khoirul.

Percepatan Pemenuhan Persyaratan

Oleh karena itu BBWSBS menggelar rapat koordinasi dengan semua pihak terkait, belum lama ini, membahas penyelesaian pembebasan 77 bidang tanah tersebut. Salah satu hal yang dibahas ihwal percepatan pemenuhan persyaratan.

Terpisah, Kepala Desa atau Kades Sendangsari, Anom Wibowo, mengatakan dari ratusan kini hanya tinggal kurang dari 10 bidang tanah yang belum selesai dibebaskan.

Bersiap UTBK, Perhatikan Beda 2019 dan 2020!

Proses ganti rugi belum rampung hingga sekarang lantaran sebelumnya warga tak kunjung melengkapi berkas mengingat mereka sibuk bekerja. Ada juga pemilik lahan yang merantau sehingga tak bisa melengkapi berkas dengan optimal.

“Yang belum selesai dibebaskan ada tiga bidang tanah warga. Itu karena ada warga yang belum sepakat dengan nilai ganti ruginya ada juga yang belum melengkapi persyaratan. Lahan lainnya yang belum selesai dibebaskan berstatus tanah wakaf,” kata Kades.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya