SOLOPOS.COM - Ilustrasi menguap akibat mengantuk saat bekerja (Magforwomen.com)

Tips karier membahas cara menjaga kesehatan bagi pekerja shift.

Solopos.com, SOLO – Para pekerja shift seringkali mengalami beberapa masalah kesehatan mulai dari stres hingga gangguan tidur (insomnia).  Agar tetap sehat kendati harus bekerja bergilir, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dr. Iwan Siahaan dari Fakultas Kodekteran Universitas Indonesia memberikan sejumlah saran untuk para pekerja yang menjalani sistem kerja bergilir. Berikut ini beberapa saran yang bisa diterapkan:

Ekspedisi Mudik 2024

Tidur Cukup
Setelah menjalani giliran kerja, usahakan langsung tidur secepatnya. Tidur cepat bermanfaat untuk memaksimalkan istirahat.

“Hanya beristirahat tidaklah cukup, jadi memang harus tidur untuk mengistirahatkan kerja otak,” ujarnya, Rabu (19/10/2016).

Iwan menambahkan waktu tidur yang ideal adalah enam jam. Selain itu, pada waktu siang hari bisa diusahakan tidur sejenak selama 20-30 menit. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi rasa kantuk saat malam.

Matikan Gadget
Agar tidur lebih berkualitas, Iwan menyarankan untuk menghindari suara bising, mematikan handphone, dan menggunakan earplug. Makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan.

“Usahakan menghindari makanan berat, kopi, teh, dan alkohol sebelum tidur,” tambahnya.

Olahraga
Selain urusan tidur, mempertahankan kebugaran tubuh juga penting. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga teratur selama 20 menit sebelum bekerja. Bisa dengan aerobik, berjalan kaki, bersepeda, jogging, atau berenang. Selain itu, usahakan juga untuk menghindari olahraga tiga jam sebelum tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya