SOLOPOS.COM - Menparekraf Sandiaga Uno bersama Bupati Malang M. Sanusi dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mempromosikan Anugerah Desa Wisata 2021. (Istimewa)

Solopos.com, MALANG – Kemenparekaf menargetkan ada 700 desa wisata masuk dalam data Desa  Wista Indonesia pada tahun ini lewat gelaran Anugerah Desa Indonesia 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan tujuan acara ini adalah mengkampanyekan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Baca Juga : Asyik, KAI Kembangkan Jalur Solo - Wonogiri jadi Wisata KA

Ekspedisi Mudik 2024

“Kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (23/5/2021).

Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini.

Dengan adanya Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

7 Kategori

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan mengangkat tema Indonesia Bangkit terdapat rangkaian acara promosi yang diharapkan mampu mewujudkan visi 9 desa yang dikunjungi Menparekraf dan public figure.

Hal ini bertujuan memberikan acuan contoh dan motivasi desa lainnya yang ada diseluruh Indonesia untuk ikut serta mendaftarkan dan berkompetisi menjadikan desa mereka sebagai pariwisata berkelas dunia.

Baca Juga : Waduk Peninggalan Kolonial Ini Jadi Wisata Terkenal di Pati

Rangkaian acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan dimulai pada  22 Mei 2021 sampai dengan tanggal 25 Juni 2021. Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan kegiatan yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream.

Diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang dna berkelanjutan di daerah regional dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengusung  tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendafta, yakni CHSE, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, home stay dan toilet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya