70 Persen Anak Muda Berminat Kembangkan Usaha Berbasis Kreativitas

Survei menunjukkan 70% anak muda di Indonesia berminat besar mengembangkan kewirausahaan by design yang berbasis produk kreativitas dan inovasi teknologi.
70 Persen Anak Muda Berminat Kembangkan Usaha Berbasis Kreativitas
SOLOPOS.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (berbatik) bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (jersey merah), menyaksikan pemotongan tumpeng peresmian Shopee Solo Creative & Innovation Hub oleh Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja di Solo Technopark (STP), Senin (6/12/2021) sore. (Mariyana Ricky P.D./Solopos)

Solopos.com, SOLO — Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kewirausahaan yang bertujuan mewujudkan pendekatan inkubasi kepada anak muda yang terhubung dengan pembiayaan guna melahirkan wirausaha muda berproduk unggulan serta berbisnis model inovatif.

Saat ini persentase kewirausahaan di Indonesia baru di angka 3,47 persen dan ditargetkan bertumbuh menjadi 3,94% di 2024. Sementara menjadi negara maju persentase kewirausahaannya harus menyentuh angka minimal 4%.

“Kami menyiapkan Perpres tentang Kewirausahaan guna mencapai tujuan itu,” kata dia, saat meresmikan Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark (STP), Senin (6/12/2021) sore.

Baca Juga: Kembali Dapatkan Perpanjangan PKPU, Begini Respons PT Sritex

Dari survei ke survei menunjukkan 70% anak muda di Indonesia berminat besar mengembangkan kewirausahaan by design yang berbasis produk kreativitas dan inovasi teknologi supaya memiliki daya saing tinggi baik domestik maupun global serta menambah jumlah wirausaha baru.

Teten berharap Shopee Solo Creative & Innovation Hub ikut mendukung perkembangan perekonomian Indonesia khususnya Solo. Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengaku bangga dapat menjadi bagian dari tempat berkumpulnya pelaku technopreneurship.

Selain itu, memberikan wadah bagi generasi muda di kota Solo dan sekitarnya untuk bisa bertukar pikiran demi menemukan solusi agar mampu beradaptasi dan bangkit serta berdaya.

“Di sisi lain, kami juga berharap keberadaan hub ini mampu berkontribusi untuk menghidupkan STP yang inovatif dan berdaya saing internasional. Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci pemulihan ekonomi, dan kami berharap hub baru di Solo ini bisa menjembatani kebutuhan tersebut,” kata dia.

Baca Juga: Terbebani Biaya Operasional, Bandara YIA Siap-Siap Kurangi Pegawai

Fasilitas yang ada di Shopee Hub, bersifat terbuka dan gratis bagi publik dan juga komunitas-komunitas sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas SDM.

Di sisi lain, Garena juga menghadirkan gaming dan community hub di STP guna meningkatkan potensi-potensi atlet esports lokal. Hadirnya komunitas e-sports juga dapat menjadi katalis tumbuhnya industri game di Jawa Tengah.

Ke depannya, akan hadir berbagai aktivitas seperti seminar, coaching UMKM, kompetisi, dan lainnya. Terdapat ruang kolaborasi, kedai kopi dan fasilitas lain yang dihadirkan Shopee dan Garena di antaranya, area inovasi, area eksplorasi, area mabar atau main bareng, area nobar atau nonton bareng.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago