SOLOPOS.COM - Curug Sigeong Tegal (Instagram/@za_levi)

Solopos.com, TEGAL — Pemerintah saat ini sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di beberapa kota dan kabupaten di Jawa dan Bali, salah satunya di Tegal. Meskipun demikian, Tegal rupanya memiliki banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Mengutip  Detik.com, Rabu (7/7/2021), ada 7 tempat wisata yang keren di Kota/Kabupaten Tegal, di antaranya:

Promosi Atasi Masalah Sampah, BRI Peduli Yok Kita Gas Berhasil Dijalankan di 40 Kota

Objek Wisata Air Panas Guci

Merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Desa ini menjadi rujukan para wisatawan yang mengunjungi Tegal. Di sana, para wisatawan biasanya berendam dengan air dari sumber air panas sambil menikmati udara yang sejuk. Lokasi sumber air panas ini dekat dengan air terjun yang airnya dingin, sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati sensasi mandi air hangat dan air dingin.

Pendakian Gunung Slamet

Bagi pecinta hiking, wisatawan bisa melakukan hiking melalui jalur Desa Guci ini. Dengan ketinggian gunung mencapai 3.428 mdpl, Gunung Slamet bisa dikatakan cukup berat untuk pendaki pemula. Treknya memang sebagian besar landau dan mudah dilewati, dengan sedikit tanjakan dari pos pertama pendakian hinggga kawasan hutan berlumut di pos empat. Namun lautan pasir bakal jadi tantangan tersulit bagi pendaki.

Air Terjun di Desa Guci yang dekat dengan sumber air panas
Air Terjun di Desa Guci yang dekat dengan sumber air panas (Instagram/@candranadeak)

Curug Sigeong

Kecamantan Bumijawa yang ada di Kabupaten Tegal memiliki banyak wisata alam, seperti curug atau air terjun. Salah satu curug yang indah adalah Curug Sigeong, dengan tinggi kurang lebih 6 meter dan berair hangat, Curug Sigeong terbilang mungil untuk ukuran curug pada umumnya yang ada di Kecamatan Bumijawa. Keunikan dari curug ini adalah adanya balok-balok tebing yang rapi.

SPBU Rekor Muri

SPBU atau tempat pengisian BBM biasanya hanya menyediakan fasilitas, seperti toilet, minimarket, ATM center dan juga musala. Namun SPBU di Tegal ini rupanya memberikan fasilitas lebih dari sekedar SPBU biasa. SPBU yang telah diberi label Museum Rekor Indonesia (MURI) ini memiliki 107 bilik toilet yang merupakan gabungan toilet wanita, toilet pria dan urinoir pria. Selain itu, hal isitmewa yang ada di SPBU ini adalah bagian belakang area  SPBU terdapat kolam renang yang bisa dinikmati oleh pengunjung

Rodjo Tater

Terletak di Desa Bugares, Kecamatan Pangkah, Rojdjo Tater berdiri di area seluas 75 hektar dengan lokasi yang menyatu dengan perkebunan warga, sehingga kesan asri,teduh dan suasana pedesaan masih melekat kuat di objek wisata ini. Rodjo Tatter menawarkan aneka wahana yang ramah anak, dari mulai berenang di mini waterpark, erapi ikan, menangkap ikan, berinteraksi dengan aneka satwa, dan mengajari pengalaman berkebun.

Pantai Muarareja

Pantai ini dulu merupakan kawasan kumuh, kini pantai ini telah berubah total dan menjadi destinasi wisata penuh warna. Sepanjang pantai dihiasi pohon cemara rindang yang menyejukan. Fasilitas umum mulai dari toilet, musala dan ruang ganti pakaian tertata rapi. Cat warna-warni juga menghiasi kawasan wisata pantai, demikian pula perahu perahu wisata aneka warna, siap membawa wisata menyusuri pantai.

Taman Rohani Jati Segara Wening

Taman ini berlokasi di tengah kebun jati dan terletak 3 km dari Stasiun Kereta Apia tai dari Alun-Alun Tegal. Selain itu, taman ini juga berada di komplek Gereja Katolik St. Yosef Mejasem, Keuskupan Purwokerto. Cuaca Kota Tegal yang panas membuat rasa sejuk yang dirasakan di  taman ini jadi terasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya