SOLOPOS.COM - Warung wedangan Mas Bonnie di Pucangsawit, Jebres, Solo. Foto diambil Kamis (22/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Kampus UNS hingga Jurug, Jebres, Solo, yang kini tengah menjadi sorotan menyusul penutupan Jembatan Jurug B untuk perbaikan menyimpan banyak potensi wisata kuliner. Warung-warung makan dengan berbagai jenis menu dan harga terjangkau bertebaran di kawasan tersebut.

Dengan kepadatan arus lalu lintas dan kemacetan di kawasan itu, tentu sangat melelahkan pengguna jalan. Tidak ada salahnya mengisi perut sembari melepas lelah dengan warung-warung sekitar kampus UNS dan kawasan Jurug.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pengamatan dan informasi yang dihimpun Solopos.com, dengan meminta pendapat maupun menjajal sendiri menu kuliner tersebut, berikut tujuh warung kuliner di sekitar UNS dan Jurug Solo yang recommended untuk dicoba.

  1. Warung Rica Bu Sartini

Salah satu warung kuliner di kawasan UNS Solo yang wajib dicoba meskipun lokasinya sedikit sempit dan terpencil tepatnya di Jl Halilintar No 86, Jebres. Warung Rica Bu Sartini menjadi salah satu lokasi yang cukup ramai dikunjungi. Warung ini menjual rica-rica ayam sebagai menu andalan.

Pengunjung bisa memilih kuah rica-rica apakah pedas atau tidak. Selain itu, terdapat aneka macam sayuran hingga gorengan dan kerupuk. Harga yang dipatok pun tidak terlalu mahal. Pembeli cukup membayar Rp8.500 satu porsi nasi rica-rica.

Namun, anda harus bersabar karena antrean pembeli di warung ini yang cukup panjang. Warung Rica Bu Sartini buka dari pagi hingga pukul 17.00 WIB.

2. Burjo Tiada Tara

Membahas kehidupan perkuliahan tentu tidak lepas dari warung burjo atau bubur kacang ijo. Terlebih bagi mereka yang ingin menikmati beragam menu dengan harga terjangkau.

Burjo Tiada Tara yang berlokasi di Jl Surya RT 001/RW 025, Krajan, Jebres, jadi salah satu rekomendasi. Burjo Tiada Tara menjadi burjo dengan menu yang cukup lengkap.

Berbagai macam menu kuliner mulai dari ayam lada hitam, orak-arik telur sosis, hingga omelet tersedia di warung kawasan UNS Solo ini. Pengunjung pun didominasi mahasiswa. Harganya murah dan menu yang variatif hingga tempat yang nyaman untuk bercengkerama jadi daya tarik warung ini.

3. Ayam Geprek Kumlot

kuliner UNS Solo
Ayam Geprek Kumlot. (Instagram @ayamkumlot)

Berlokasi di Jl Kartika V, Jebres, salah satu kuliner yang cukup populer ini menjadi penyelamat mahasiswa di tanggal tua. Harganya yang murah dan rasanya yang menggugah selera menjadi alasan Warung Ayam Geprek Kumlot cabang UNS cukup ramai dikunjungi. 

Ayam Geprek Kumlot memiliki dua cabang lain di sekitar Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS). Namun warung di Jl Kartika V menjadi yang paling ramai.

Mereka menjual geprek mozzarella, geprek lada hitam hingga ayam geprek bakar. Selain itu ada juga tempe tahu hingga jamur crispy. Soal harga, Geprek Kumlot mematok harga dari Rp7.000 hingga Rp10.000 per porsi.

4. Sop Penjara UNS

Salah satu kuliner legendaris bagi warga sekitar UNS Solo ini menjual beraneka ragam nasi campur dan juga sop dengan berbagai macam lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Anda yang suka makanan berkuah tidak akan kecewa makan sop di warung Sop Penjara UNS.

Apalagi harganya yang dipatok Rp10.000 per porsi tentunya pas di kantong. Yang menarik, di Sop Penjara ini, pengunjung bisa mengambil minuman es teh sepuasnya dan cukup membayar Rp3.000. Bagi yang berminat bisa datang di Jl Kartika, Jebres, dan mampir ke Sop Penjara ini.

5. Sate Koyor Mbah Di

kuliner UNS Solo
Satai Koyor Mbah Di di kawasan Jl Kartika, Jebres, Solo. Foto diambil Kamis (22/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Bagi penikmat satai koyor dan wedangan, Warung Sate Koyor Mbah Di bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Rasanya terkenal enak, gurih dan manis dipadukan dengan aroma dari arang bakaran yang cukup menggugah selera.

Tertarik mencoba Sate Koyor Mbah Di? Lokasinya berada di Jl Kartika No 3, Jebres. Harganya dipatok Rp2.500 per tusuknya.

6. Warung Pagi Sore

Warung Pagi Sore sering dianggap sebagai penyelamat mahasiswa di tanggal tua. Harganya yang murah dan aneka lauk yang variatif membuat pengunjung merasa sangat dimanjakan dengan pilihan yang ada. Rasa masakannya juga terkenal enak.

Harganya mulai dari Rp2.000 per lauk dengan pilihan mulai dari ikan, ayam, daging, tersedia di sini. Bagi pengunjung yang berminat bisa datang ke Jl Kabut, Jebres. Warung ini hanya buka hingga pukul 19.00 WIB

7. Wedangan Mas Bonnie

Salah satu wedangan kekinian di sekitaran UNS ini berlokasi di daerah Pucangsawit, Jebres. Tempatnya luas sehingga pengunjung yang datang beramai-ramai tetap nyaman dibuatnya. Selain itu pengunjung bisa menikmati sajian makanan di bawah sinar bulan di malam hari.

Harganya juga tidak mahal, menjual beraneka makanan mulai dari soto, sayur lodeh, mi ayam hingga oseng tempe. Juga tersedia aneka satai dengan harga mulai dari Rp3.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya