SOLOPOS.COM - Ilustrasi kabin pesawat terbang. (Bisnis-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA —  Bepergian di luar rumah pada masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang khawatir. Tren penular virus corona jenis baru membutuhkan tips pencegahan pemicu Covid-19 sehingga setiap insan aman, termasuk kala bepergian naik pesawat terbang.

Ruangan dalam pesawat terbang merupakan ruang tertutup dengan penggunaan pendingin udara yang maksimal. Kondisi itu disebutkan bisa meningkatkan risiko penularan virus corona jenis baru pemicu Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada beberapa tips bagi Anda yang masih harus bepergian naik pesawat terbang agar tidak tertular virus corona jenis baru pemicu Covid-19. Berikut ini sejumlah tips aman dan sehat bepergian naik pesawat udara saat Covid-19 seperti dilansir Smart Traveler:

NASA Jajaki Planet-Planet Layak Dihuni

Ekspedisi Mudik 2024

1. Pakai masker terbaik

Masker kain bagus untuk dipakai belanja di toko bahan makanan atau di tempat lainnya. Tetapi, ketika Anda akan duduk di dekat orang lain dalam waktu yang lama di pesawat, itulah saat yang tepat untuk memakai terbaik Anda.

Jenisnya yang sebaiknya digunakan yakni N95, N99, dan masker bedah umumnya lebih efektif dalam memblokir virus daripada masker kain buatan sendiri. Ingat, sebagian besar maskapai penerbangan telah melarang masker dengan ventilasi karena tidak mencegah penyebaran kuman.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengenakan pelindung wajah atau kacamata, yang dapat mencegah tetesan masuk ke mata Anda.

2. Bikin Rencana untuk Pergi ke dan Dari Bandara

Sebelum pandemi, Anda akan naik transportasi umum ke bandara, untuk menghemat.

Sekarang, Anda harus mempertimbangkan jarak sosial dan keamanan. Putuskan apa yang menurut Anda paling nyaman dan buat rencana. Jika Anda menggunakan transportasi online, pastikan untuk memakai masker Anda sepanjang waktu, bersihkan tangan Anda sebelum dan setelah masuk keluar dari kendaraan, dan buka jendela selama perjalanan Anda untuk membiarkan udara segar masuk.

3. Sering Cuci atau Sanitasi Tangan Anda

Mencuci tangan seharusnya sudah menjadi kebiasaan sekarang. Sering-seringlah mencuci tangan saat bepergian, dan bawa hand sanitizer untuk digunakan di pesawat. Saat ini, aturan penerbangan mengizinkan penumpang membawa pembersih tangan dalam wadah hingga 12 ons (dibatasi satu per penumpang).

4. Makan Sebelum Anda Terbang

Anda mungkin diizinkan untuk melepas masker di bandara atau di pesawat untuk makan dan minum, tetapi Anda itu membuat diri Anda dan orang lain lebih berisiko setiap kali melepas penutup wajah.

Cobalah makan dan minum sebelum Anda pergi sehingga Anda tidak perlu makan selama perjalanan. Jika perjalanannya jauh dan itu tidak memungkinkan, Anda mungkin ingin membawa makanan Anda sendiri. Apalagi, saat ini banyak restoran dan toko bandara tutup, dan layanan makanan dan minuman dalam penerbangan dan di bandara dikurangi atau dibatalkan seluruhnya.

5. Bujak Pilih Maskapai dan Penerbangan

Beberapa maskapai penerbangan memblokir kursi tengah mereka, sementara yang lain menjual 100 persen kursi mereka jika bisa. Periksa daftar ini untuk mengetahui kebijakan masing-masing maskapai penerbangan, dan cobalah terbang bersama perusahaan yang memberikan lebih banyak ruang antar penumpang.

Pertimbangkan terbang pada waktu tidak sibuk (seperti penerbangan pagi-pagi sekali atau sangat larut malam) yang cenderung kurang penuh, dan perhatikan diagram tempat duduk untuk penerbangan Anda. Jika penerbangan tampaknya akan lebih padat daripada yang Anda rasa nyaman, banyak maskapai penerbangan akan mengizinkan Anda mengubah penerbangan Anda ke penerbangan kosong tanpa biaya.

6. Bersihkan Kursi Anda

Jangan terbang tanpa tisu pembersih. Sebelum Anda duduk sebagai tips aman naik pesawat saat Covid-19, seka kursi, sandaran kepala, gesper sabuk pengaman, layar hiburan sandaran kursi, sandaran tangan, dan meja baki.

7. Boarding terakhir

Hindari bergerombol saat boarding sebagai penutp tips aman naik pesawat saat Covid-19. Usahakan boarding paling terakhir. Ini menghindari kemungkinan Anda berdekatan dengan orang lain saat mengantre atau saat berjalan di koridor pesawat.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya