SOLOPOS.COM - Bakso Malang di Bakso Pokwe Muji Jaya atau Bakso UPT Kampus UNS Solo. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Solopos.com, SOLO — Anda sedang berada di Kota Solo, Jawa Tengah dan ingin berburu kuliner atau jajanan yang enak plus murah atau ramah di kantong? Nah, Solopos.com memberikan rekomendasi salah satu spot yang menjadi pusat kuliner enak sekaligus harganya ramah di kantong, terutama bagi kalangan mahasiswa.

Lokasinya ada di sekitar Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo. Anda bisa berburu kuliner yang enak dan harganya ramah di kantong mahasiswa. Anda pasti sudah membayangkan berapa harganya sehingga bisa disebut ramah di kantong mahasiswa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah, ini dia tujuh rekomendasi kuliner di sekitar UNS Solo yang enak dan harganya ramah di kantong mahasiswa. Anda wajib coba!

  1. Bakso UPT

Kuliner di belakang kampus UNS
Bakso Malang di Bakso Pokwe Muji Jaya atau Bakso UPT Kampus UNS Solo. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Perburuan kuliner enak dan murah di sekitar UNS Solo dimulai dari bagian dalam kampus. Ada warung Bakso Malang di belakang gedung UPT Bahasa. Lokasi warung di belakang UPT Bahasa ini menyebabkan kuliner tersebut diberi nama bakso UPT.

Baca Juga : 30 Tahun Eksis, Mi Ayam Bakso Sony Sragen Selalu Dicari

Warung bakso ini punya sistem unik, yaitu pokwe atau jupuk dewe. Istilah zaman sekarang disebut self service alias prasmanan. Jadi pelanggan bebas memilih topping, jumlah bakso, dan seberapa banyak mengambil saus. Semua sudah tersaji. Anda bisa menuju kasir setelah rampung meracik bakso sesuai selera.

Penjual akan menghitung harga yang harus Anda bayar. Harga bakso dan topping berkisar Rp500-Rp4.000 per biji. Tenang, Anda juga bisa memesan minuman Rp2.500-Rp3.000 per gelas. Tempat makan ini buka mulai pagi jam 08.00 WIB dan tutup sore hari sebelum magrib. Murah kan…

  1. Warmindo

Kuliner di Belakang Kampus UNS
Mi dok dok di Warmindo di sekitar UNS. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Kuliner berikutnya yang ada di sekitar UNS Solo adalah warmindo, Warung Makan Indomi. Istilah ini dipakai untuk warung-warung yang menyediakan aneka makanan magelangan, mi dok-dok, nasi goreng, dan berbagai minuman, seperti es teh, es kopi, dan es jeruk.

Warmindo juga dikenal sebagai tempat berkumpul mahasiswa untuk sekadar menongkrong sembari mengerjakan tugas maupun pekerjaan. Warmindo tersebar di sekitar kampus UNS Solo, tetapi paling banyak di dekat gerbang belakang UNS. Ada Warung Tiada Tara dan Warmindo Amora.

Menu makanan seperti magelangan, nasi goreng, mi goreng, dan mi dok-dok dihargai Rp5.000-Rp12.000 per porsi. Lalu, harga minuman terjangkau, yakni Rp2.000-Rp7.000. Tempat makan ini buka selama 24 jam.

Baca Juga : Es Teh Kampul Jumbo, Warna Baru Kuliner Solo

  1. Geprek Kumlot

Kuliner di belakang kampus UNS
Ayam geprek Kumlot, di Jalan Kartika V dekat kampus UNS Solo. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Kuliner berikutnya di sekitar UNS Solo, tepatnya di Jl. Kartika V, ada ayam geprek. Ini menu yang bisa dibilang wajib bagi anak indekos, terutama mahasiswa. Ayam Geprek Kumlot adalah salah satu pilihan menu ayam di sekitar kampus UNS Solo yang disajikan dengan cara digeprek.

Sama seperti bakso UPT, Ayam Geprek Kumlot juga menggunakan sistem pokwe. Penjual membebaskan pelanggan mengambil nasi dan memilih jumlah cabai sesuai selera untuk sambal. Selain itu, Anda juga dapat memilih sendiri bagian ayam yang diinginkan.

Setelah rampung mengambil ayam dan cabai, Anda bisa menyerahkan kepada pelayan untuk mengulek atau mengeprek. Sepiring ayam geprek dan nasi dihargai Rp9.000. Lalu, segelas es teh berukuran jumbo dijual Rp2.000. Warung ini buka sekita jam 09.00 WIB sampai jam 21.00 WIB. Wow!

  1. Warung Jepun

Kuliner di belakang kampus UNS
Ayam kremes, terong bakar dan sambal di Warung Jepun di Jalan Kartika III. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Selain ayam geprek, kuliner di sekitar UNS Solo ada ayam kremes dan ayam bakar. Lagi-lagi menu ayam ini juga andalan mahasiswa yang indekos karena rasanya enak dan porsinya mengenyangkan. Salah satu warung andalan mahasiswa UNS adalah Warung Jepun di Jl. Kartika 3.

Warung Jepun menyediakan menu ayam goreng/bakar, lele goreng/bakar, tahu, tempe, dan beragam menu lain. Tenang, harganya mulai Rp11.000 per porsi hingga Rp20.000 per porsi. Minuman yang ditawarkan es teh dan es jeruk dengan harga Rp3.000.

Baca Juga : Bakso hingga Siomai, Berikut 5 Kuliner Pedas di Boyolali yang Wajib Dicoba

Warung Jepun juga menggunakan sistem pokwe sehingga pelanggan bebas memilih lauk yang akan dimakan. Tetapi, Anda harus mengambil nomor antrean. Kemudian, lauk dibawa ke dapur. Pelanggan dipersilakan menunggu sampai nomor antrean dipanggil. Warung makan ini buka mulai jam 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Selamat mencoba.

  1. Kedai Conel

Kuliner di belakang kampus UNS
Ayam geprek sambal matah di Kedai Conel Jalan Kartika Raya. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Kalau Anda bosan dengan menu ayam geprek dengan sambal biasa, bisa nih mencoba ayam geprek sambal matah di Kedai Conel. Lokasinya di Jl. Kartika Raya. Ayam geprek dengan sambal matah ini juga dapat dimakan dengan nasi uduk. Itu menjadi menu andalan Kedai Conel.

Kuliner di sekitar UNS Solo ini juga menyiapkan menu paket dengan harga Rp11.000-Rp15.000 per paket. Isi paket lauk, nasi, dan es teh atau teh hangat. Selain ayam geprek sambal matah dan original, ada juga menu ayam bakar, ayam goreng, lele goreng, dan lele bakar. Kedai Conel buka mulai jam 08.00 WIB sampai jam 21.00 WIB.

  1. Raos Echo

Kuliner di belakang kampus UNS
Omelet saus teriyaki di Kantin Raos Echo. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Selanjutnya, kuliner di sekitar UNS Solo ada katsu dan omelete yang disajikan dengan saus teriyaki, baberque, dan asam manis. Lokasinya di Kantin Raos Echo. Kantin ini buka di beberapa lokasi, seperti Fakultas Pertanian, FISIP, dan dekat Solo Zoo.

Omelet yan disajikan itu berisi sayuran, daging ayam, dan berbagai isian lain. Hmm, Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya? Anda membawa uang Rp10.000 maka sudah mendapatkan nasi, salad, dan omelet lengkap dengan saus pilihan. Kantin Raos Echo buka mulai jam 06.00 WIB.

Baca Juga : Cilok yang Tak Lekang oleh Waktu

  1. Pancong Balap

Kuliner di belakang kampus UNS
Kue pancong balap di Jalan Surya Utama. Foto diambil Rabu (26/10/2022). (Solopos.com/Alya Rizca Aisya)

Rekomendasi terakhir kuliner di sekitar UNS Solo, yaitu kue pancong. Pancong Balap ini terletak di Jl. Surya Utama. Kue pancong di sini menyajikan berbagai varian rasa, antara lain, original, coklat susu, keju susu, kacang susu, strawberry, oreo susu, greentea, chococrunchy, tiramisu, cheesy, srikaya, dark choco lava dan cappucino. Anda juga bisa memilih kue pancong matang atau setengah matang.



Harganya berkisar Rp5.000 sampai Rp15.000 dengan dua variasi porsi yaitu porsi normal dan double. Pancong Balap di Jl Surya Utama ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Nah, itu dia 7 rekomendasi makanan di sekitar UNS Solo yang enak dan ramah kantong mahasiswa. Selamat mencoba ya!

Baca Juga : Daftar Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing – Kambing Guling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya