[x] close
7 Menu Praktis dan Sehat Saat Telat Bangun Sahur
Solopos.com|lifestyle

7 Menu Praktis dan Sehat Saat Telat Bangun Sahur

Ada sejumlah menu praktis sebagai penyelamat saat telat bangun sahur.

Solopos.com, SOLO--Tak jarang kita mengalami telat bangun sahur entah karena terlalu pulas tidur atau tidur terlalu malam. Ketika hal ini terjadi, kita tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu makanan bagi seluruh anggota keluarga.

Terus, apakah solusi telat bangun sahur adalah tidak perlu makan atau cukup minum saja? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Meski waktu mepet gara-gara telat bangun sahur, tetap usahakan untuk makan agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terjaga selama berpuasa. Hal ini karena sahur adalah waktu yang penting untuk mengisi tenaga Anda untuk berpuasa sepanjang hari.

Kunci kesegaran tubuh selama menjalani ibadah puasa terletak pada menu sahur. Dengan menu sahur yang sehat, Anda akan tetap berenergi sepanjang hari. Karena itu, penting untuk tetap makan sahur dengan menu mudah dan cepat tetapi sehat.

Baca Juga: Begini Salat Idulfitri di Rumah Menurut Kemenag

Nah, ketika telat bangun sahur, ada beberapa menu penyelamat yang bisa Anda jadikan santapan meski waktu sudah mepet. Berikut ini menu penyelamat seperti dikutip dari Klikdokter.com, Sabtu (8/5/2021):

1. Omelet keju dan bayam

Omelet juga dapat menjadi salah satu menu andalan saat telat bangun sahur. Anda dapat mencampurkan keju dan bayam, lalu dikocok ke dalam dua butir telur.

Tuangkan adonan ke dalam wajan dan tunggu hingga matang. Dalam menu ini sudah terkandung protein, lemak, dan serat. Anda dapat mengonsumsinya bersama nasi dan sayuran sebagai sumber karbohidrat dan serat.

2. Nasi dan telur ceplok

Menu ini tentu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Nasi dan telur ceplok dapat dinobatkan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur yang dapat Anda siapkan dalam waktu cepat. Sebagai tambahan serat, Anda dapat memilih potongan timun dan tomat.

3. Telur rebus

Menyantap telur rebus bisa jadi alternatif saat telat bangun sahur (Freepik)
Menyantap telur rebus bisa jadi alternatif saat telat bangun sahur (Freepik)

Tak hanya di goreng atau didadar, Anda juga dapat mengosumsi telur rebus saat telat bangun sahur. Dengan merebusnya di dalam air mendidih selama kurang lebih delapan hingga sepuluh menit, Anda sudah mendapatkan telur rebus yang siap dinikmati dan memberikan energi sepanjang hari.

Baca Juga: Begini Jawaban Nissa Sabyan Atas Tudingan Hamil

Anda dapat mencampurkan telur rebus dengan salad sayuran berisi selada, jagung, tomat, atau potongan wortel kecil sebagai pelengkap untuk memperkaya nutrisi yang Anda konsumsi.

4. Sereal

Anda juga dapat mengonsumsi sereal sebagai menu sahur yang cukup praktis. Sereal biasanya dikonsumsi bersama dengan susu dan potongan buah. Sebagai panduan, pilihlah sereal yang berbahan dasar gandum dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan serat Anda sehingga akan kenyang lebih lama.

5. Overnight oat

Overnight oat juga merupakan salah menu praktis sehingga cocok disantap saat telat bangun sahur. Menu ini merupakan variasi olahan oat yang didiamkan semalaman di dalam kulkas.

Anda dapat mencampurkan oat dengan susu atau yogurt. Kemudian, tambahkan topping, seperti aneka buah berry, pisang, irisan apel, jeruk, serta kacang-kacangan.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Hamil, Komentar Lucinta Luna Bikin Geger Netizen

Sebaiknya, overnight oat Anda siapkan semalam sebelumnya, sehingga saat waktu sahur tiba Anda tinggal menyantapnya.

6. Roti panggang dengan telur dan alpukat

Roti panggang adalah menu mudah dan cepat untuk sahur. Anda dapat memanggang roti gandum, kemudian tambahkan irisan alpukat dan telur serta tambahan potongan tomat di atasnya. Anda dapat menambahkan yogurt sebagai pengganti selai.

7. Burrito sederhana dan sehat

Menu praktis untuk sahur berikutnya adalah membuat wrap atau burrito sederhana dan sehat. Yang Anda perlukan adalah roti atau tortilla, kemudian tambahkan berbagai isian yang Anda sukai, seperti daging asap, tomat, selada, saus tomat.

Setelah itu, gulung roti atau tortilla hingga berbentuk lonjong kemudian siap disantap.

Bila Anda adalah tipe orang yang sering telat bangun sahur, ada baiknya menyiapkan beberapa resep praktis tersebut sebelum Anda beranjak tidur. Jadi, ketika sahur, Anda tinggal menghangatkan lalu menyantapnya.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago