SOLOPOS.COM - Perenang Indonesia Guntur melakukan selebrasi usai mencapai garis finish pada final renang estafet 4x100 meter gaya bebas putra kategori 34 poin ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022). Tim renang Indonesia berhasil menyabet medali emas dengan catatan waktu 4 menit 20,20 detik, sementara perak diraih tim renang Thailand dengan catatan waktu 4 menit 29,59 detik dan perunggu diraih tim renang Filipina dengan catatan waktu 4 menit 38,53 detik. (ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom)

Solopos.com, SEMARANG—Tim para swimming Indonesia baru saja memulai perjuangan mereka di ajang ASEAN Para Games (APG) XI Solo 2022, Senin (1/8/2022). Pada hari pertama, tim para swimming Indonesia berhasil mengumpulkan 7 emas, 9 perak dan 7 perunggu dalam pertandingan di kolam renang Jatidiri Semarang.

Sebelumnya, Aris Wibawa membuka perolehan medali emas tim para swimming Indonesia di nomor Men 100 LC Meter Breaststroke SB7. Medali emas berikutnya dipersembahkan Rino Saputra yang turun di nomor Men 100 LC Meter Freestyle S9. Serta Zaki Zulkarnain yang turun di nomor Men 100 LC Meter Freestyle S8.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Satu medali emas juga dipersembahkan perenang Indonesia Tangklisan Steven Sualang yang tampil di nomor Men 50 LC Meter Backstroke S10.

Baca Juga: Ni Nengah Raih Emas Sekaligus Pecahkan Rekor Para Angkat Berat APG

Sementara dalam lanjutan pertandingan Senin sore, tim para swimming Indonesia berhasil menambah tiga medali emas. Di antaranya melalui Meliana Ratih Pratam yang turun di nomor Women 50 LC Meter Backstroke S14. Juga dalam nomor estafet Men 4×100 LC Meter Freestyle 34 PTS Relay dan Men 4×100 LC Meter Medley 49 PTS Relay.

Pelatih tim para swimming Indonesia, Dimin mengapresiasi kerja keras anak asuhnya. “Saya kira anak-anak sudah maksimal. Sebetulnya target hari ini harusnya 10 emas, namun dapatnya 7,” ujarnya saat ditemui di kolam renang Jatidiri Semarang.

Di sisi lain, ia menyebut negara-negara peserta lainnya juga sudah banyak perkembangan, seperti negara tetangga Malaysia. “Memang negara lain juga sudah berkembang, seperti Malaysia gaya dadanya hampir semua menang, ditambah atletnya juga ideal,” imbuhnya.

Baca Juga: Hari Kedua Para Badminton APG Diwarnai 11 WO, Indonesia Diuntungkan

Lebih lanjut, Dimin optimis perolehan medali emas masih akan bertambah. Mengingat tim para swimming Indonesia masih akan bertanding di beberapa nomor.

“Untuk pertandingan besok, kita target 3-4 emas. Semoga target 27 medali emas di sisa pertandingan bisa dicapai,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya