[x] close
7 Manfaat Tamanu Oil, Salah Satunya Mencegah Kerutan pada Kulit
Solopos.com|lifestyle

7 Manfaat Tamanu Oil, Salah Satunya Mencegah Kerutan pada Kulit

Meski tak sepopuler minyak zaitun, tamanu oil juga punya segudang manfaat.

Solopos.com, SOLO--Tamanu oil bisa jadi tidak sepopuler minyak zaitun. Padahal sebetulnya ekstrak dari pohon kacang tamanu (Calophyllum inophyllum) ini juga memiliki segudang manfaat seperti minyak zaitun.

Manfaat tamanu oil bukan hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kecantikan dan perawatan kulit. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Di pasaran, tamanu oil bisa Anda temukan dalam bentuk minyak murni atau sebagai bahan alami dalam berbagai produk perawatan tubuh dan rambut, seperti serum, losion, pelembap, sampo, dan kondisioner.

Baca Juga: Pemakaian Gurita pada Bayi Tak Disarankan, Ini Alasannya

Manfaat tamanu oil diduga didapat dari asam lemak, senyawa calophyllolide, dan sejumlah antioksidan yang terkandung di dalamnya. Berikut ini deretan manfaat ekstrak tanaman ini sebagaimana mengutip laman Alodokter.com, Senin (10/5/2021):

1. Mengobati vaginitis

Penelitian menunjukkan bahwa tamanu oil memiliki potensi untuk dijadikan obat vaginitis (peradangan pada vagina). Ini karena tamanu oil memiliki sifat antiinflamasi, alagesik, antiseptik, dan antimikroba yang kuat.

2. Mengobati kutu air

Tamanu oil disebut bisa menjadi obat yang efektif untuk mengatasi kutu air atau yang disebut juga dengan athlete’s foot. Manfaat tamanu oil yang satu ini ada berkat sifat antijamurnya yang baik.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Tamanu oil juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Minyak ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Baca Juga: 7 Masalah Kesehatan Ini Rawan Muncul Saat Puasa

Tidak hanya mampu mempercepat penyembuhan luka, ekstrak tanaman ini juga bisa membantu mengurangi bekas luka dan mencegah infeksi.

4. Menyembuhkan jerawat

Sejak dahulu, ekstrak satu ini dikenal akan manfaatnya untuk menyembuhkan jerawat. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa sifat antibakteri  ekstrak ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum, secara efektif.

Selain itu, sifat antiinflamasi tamanu oil juga dapat membantu mengobati jerawat yang meradang.

5. Mengurangi rambut rontok

Ilustrasi rambut rontok. (Holisticfamily.com)
Ilustrasi rambut rontok. (Holisticfamily.com)

Meski belum terdapat penelitian khusus mengenai khasiatnya bagi rambut, mengoleskan minyak ini pada rambut dipercaya mampu mengurangi rambut rontok. Selain itu, ekstrak ini juga bisa digunakan sebagai pelembap alami rambut.

Baca Juga: Umi Pipik: Almarhum Uje Punya 3 Istri

6. Menyamarkan stretch mark

Manfaat untuk menyamarkan bahkan menghilangkan stretch mark diduga didapatkan dari khasiat antioksidan, antiinflamasi, dan sifat melembapkannya.

7. Mencegah kerutan pada kulit

Tamanu oil kerap digunakan sebagai bahan aktif dalam banyak produk perawatan kulit antipenuaan. Pasalnya, ekstrak ini kaya akan asam lemak yang bisa menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan produksi kolagen (protein yang berperan dalam regenerasi kulit) sehingga bisa mencegah munculnya kerutan pada kulit.

Selain itu, penelitian menyebutkan juga bisa mencegah kerutan akibat paparan sinar matahari, karena minyak ini mampu menyerap radiasi sinar UV.

 


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago