SOLOPOS.COM - Rambut rontok (youbeauty.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah pemicu rambut rontok selain stres. Padahal bagi kaum Hawa, rambut adalah mahkota yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Karena itu selain melakukan perawatan rambut, sebaiknya hindarilah sejumlah pemicu rambut rontok. Karena sama seperti kulit, rambut yang sehat juga menjadi indikator tubuh mendapatkan asupan makanan sehat dan bergizi. Nah, selain stres, makanan juga bisa jadi pemicu rambut rontok loh. Makanan apa sajakah yang jadi pemicu rambut rontok? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perawatan kecantikan bukan hanya kulit dan tubuh ya. Rambut juga perlu dirawat agar terlihat lebat dan berkilau. Banyak orang mengetahui bahwa stres dan polusi mendatangkan malapetaka pada rambut kita, namun yang tidak kita sadari adalah bahwa makanan tertentu juga berkontribusi terhadap masalah rambut rontok dan penipisan rambut. Meskipun umumnya orang-orang mengaitkan masalah rambut dengan stres dan genetika, faktor lain yang mengejutkan adalah pola makan seseorang.

Pola makan yang buruk dapat memperburuk kondisi rambut, atau dapat mempercepat kerontokan rambut. Mari kita lihat makanan yang harus kamu hindari demi rambut sehat dan berkilau.

Baca Juga: Anggia Kloer, Model yang Jadi Sekretaris Pribadi Edhy Prabowo

Berikut ini sejumlah makanan yang bisa menyebabkan rambut rontok seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (18/3/2021).

1. Konsumsi gula berlebih

Salah satu pemicu rambut rontok adalah konsumsi gula berlebih. Ya, ancaman gula itu sama buruknya dengan rambut kamu dan juga kesehatan secara keseluruhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa resistensi insulin, yang menyebabkan diabetes dan obesitas, juga dapat membuat kamu kehilangan rambut atau bahkan menyebabkan kebotakan baik pada pria maupun wanita. Dan faktor nomor satu di balik resistensi insulin adalah diet tinggi gula, pati, dan karbohidrat olahan.

2. Junk food

Junk food juga bisa jadi pemicu rambut rontok. Hal ini karena junk food sering kali sarat dengan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang tidak hanya membuat kamu menjadi gemuk dan menimbulkan penyakit kardiovaskular, tapi juga bisa membuat rambut kamu rontok.

Pola makan yang kaya SFA dan MUFA dapat meningkatkan kadar testosteron yang berpotensi meningkatkan kadar hormon Dihydrotestosterone atau DHT juga. DHT adalah androgen yang berhubungan dengan alopecia. Selain itu, makanan berminyak dapat membuat kulit kepala kamu berminyak dan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan miniaturisasi folikel rambut.

3. Telur mentah

harga telur sragen
Telur mentah bisa jadi pemicu rambut rontok. (Ilustrasi/Freepik)

Putih telur memang bagus untuk rambut tetapi tidak boleh dikonsumsi mentah. Putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin, vitamin yang membantu produksi keratin. Avidin yang ada dalam putih telur mentah yang bergabung dengan biotin dan menghalangi penyerapan ususnya.  Akibatnya bisa jadi pemicu rambut rontok.

4. Ikan Berkadar Merkuri

Kadar merkuri yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Sumber paparan merkuri yang paling umum adalah ikan karena konsentrasi metil-merkuri dalam ikan telah meningkat selama beberapa dekade terakhir karena perubahan iklim dan penangkapan ikan yang berlebihan. Ikan air laut seperti ikan todak, mackerel, hiu, dan beberapa jenis tuna kaya akan merkuri. Jadi, hati-hati dengan olahan ikan itu juga kamu sedang mengalami rambut rontok.

Baca Juga: Kisah Risma, TKW Sukses yang Sanggup Sewa Apartemen Rp500 juta/tahun di Arab

5. Makanan Indeks Glikemik Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi  juga bisa jadi pemicu rambut rontok. Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang menyebabkan lonjakan insulin. Seperti tepung olahan, roti dan gula. Makanan ini dapat membuat ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan lonjakan insulin dan androgen yang mengikat folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

6. Alkohol

Rambut terbuat dari protein, yang disebut keratin. Keratin adalah protein yang memberi struktur pada rambut kamu. Alkohol berdampak negatif pada sintesis protein dan dapat menyebabkan rambut semakin lemah dan tidak berkilau. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi, yang dapat menyebabkan kematian folikel.

7. Soda Diet

Soda diet mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam, yang menurut peneliti dapat merusak folikel rambut sehingga bisa jadi pemicu rambut rontok. Jika kamu mengalami kerontokan rambut belakangan ini, sebaiknya hindari soda diet sepenuhnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya