7 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Sejak Usia Muda

Ada sejumlah makanan yang bisa mencegah kanker sejak dini, apa saja?
7 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Sejak Usia Muda
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencegah kanker. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selain memiliki gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, ada sejumlah makanan bisa mencegah kanker sejak usia kita masih muda. Kanker terjadi karena adanya mutasi sel sehingga butuh makanan dengan kandungan antioksidan tinggi.

Seorang asisten professor di John Hopkins Bloomberg School of Public Health, Jed W. Fahey, mengatakan beragam jenis kandungan senyawa fitokimia dari  dapat menjaga sel tubuh dari senyawa berbahaya yang ada di makanan dapat mencegah kanker sejak usia muda. Selain itu, senyawa fitokimia ini dapat mencegah sel rusak dan bermutasi.

Berikut ini 7 makanan yang mudah ditemukan dan dapat mencegah kanker  seperti dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (2/12/2021):

1. Bawang Putih

Meskipun terkenal dengan bau yang menyengat setelah makan ini, bawang putih sangat bagus dalam mencegah kanker. Senyawa sulfur dalam bawang putih memang menyebabkan bau, tapi dapat mencegah kanker terbentuk. Selain itu, sulfur dapat mempercepat perbaikan DNA dan membunuh sel kanker. Kupas dan potong bawang, kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit untuk mengaktifkan enzim dan sulfur, sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Spin Off We Bare Bears, We Baby Bears Siap Tayang Januari 2022

2. Brokoli

Sayuran berwarna hijau pekat ini mengandung senyawa fitokimia glukosinolat. Senyawa ini akan memproduksi enzim yang bertugas menjaga sel. Enzim akan otomatis terbentuk ketika Anda mengunyah sayuran mentah.

3. Tomat

Warna merah dari tomat sangat menggoda. Kandungan air yang membuat rasanya juicy ini bisa menjadi pertahanan terhadap kanker prostat. Warna merah yang berasal dari fitokimia yang disebut likopen, antioksidan kuat, yang paling banyak pada tomat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari likopen, makanlah tomat yang dimasak atau diproses, termasuk jus tomat.

Baca Juga: Mimpi Ditangkap Polisi, Apakah Pertanda Bakal Dapat Masalah?

4. Stroberi

Stroberi tinggi akan antioksidan seperti vitamin C, asam alegik, dan flavonoid. Dalam penelitian lab, asam elagik memiliki sifat antikanker yang meningkatkan enzim, menghancurkan zat penyebab kanker, dan memperlambat pertumbuhan tumor.

5. Wortel

Kandungan beta karoten dalam wortel dapat menjaga membrane sel tubuh dari kerusakan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Wortel yang dimasak mengandung lebih banyak antioksidan daripada mentah, menurut laporan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Jika Anda memasak wortel, biarkan utuh saat dikukus atau direbus, dan potong setelah selesai.

Baca Juga: Berikut Ini Sejumlah Sifat Orang Kelahiran Desember

6. Bayam

Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, senyawa karotenoid yang melawan radikal bebas dari tubuh Anda sebelum merusaknya. Kandungan ini ditemukan dalam bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid dapat melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan perut.

7. Gandum/biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh memberikan banyak serat, tetapi sementara diet tinggi sayuran dan buah-buahan telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Gandum utuh mengandung zat lain yang mungkin melawan kanker, termasuk lignan, yang bertindak sebagai antioksidan, dan saponin, yang bisa mencegah sel kanker untuk memperbanyak diri.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago