SOLOPOS.COM - Ilustrasi istirahat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selama ini mungkin kita hanya mengetahui satu jenis istirahat saja yaitu tidur. Padahal sebetulnya kegiatan ini ada banyak ragamnya lantaran sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dengan mengenali jenis-jenis istirahat yang dibutuhkan tubuh, Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Karena demi kesehatan mental dan fisik, bukan hanya tidur yang dibutuhkan manusia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat Anda memberitahu seseorang bahwa Anda merasa lelah, orang lain mungkin akan menyarankan jenis istirahat yang paling populer yaitu tidur. Padahal bisa jadi, Anda tak hanya membutuhkan tidur.

Baca Juga: Jangan Keburu Emosi, Ini Arti Mimpi Pacar Selingkuh yang Perlu Dipahami

Seorang dokter dan juga penulis buku Sacred Rest: Recover Your Life, Renew Your Energy, Restore Your Sanity, Dr. Saundra Dalton Smith,  mengatakan istirahat lebih dari sekedar tidur. Saundra menjelaskan, saat kita pergi tidur, itu akan menyelesaikan semua kebutuhan restoratif kita. Tetapi sayangnya, ada jenis istirahat yang tidak dapat diselesaikan oleh tidur.

Dalam penelitiannya sendiri, melansir Life Hacker, Saundra telah mengidentifikasi tujuh jenis istirahat berbeda yang dibutuhkan tubuh dan pikiran manusia. Jadi, bahkan jika Anda memiliki apa yang Anda anggap sebagai tidur malam yang nyenyak, Anda mungkin masih bangun dengan perasaan lelah karena Anda kekurangan jenis istirahat yang berbeda.

Jenis-jenis istirahat yang dibutuhkan tubuh sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Kamis (30/9/2021), adalah sebagai berikut:

1. Istirahat mental: memberikan otak Anda istirahat.

2. Istirahat sensorik: meluangkan waktu untuk mencabut dan mengurangi rangsangan eksternal kita.

3. Istirahat kreatif: melakukan sesuatu yang Anda anggap menginspirasi untuk beristirahat dari menghasilkan ide-ide baru.

Baca Juga:  Wah Seram! Boneka Raksasa di Squid Game Benaran Ada di Dunia Nyata

4. Istirahat emosional: memroses emosi Anda sehingga Anda tidak perlu menahannya, dan Anda bisa menjadi diri Anda yang sebenarnya.

5. Istirahat sosial: menghabiskan waktu sendirian ketika orang lain telah menguras tenagamu.

6. Istirahat spiritual: berhubungan dengan sesuatu di luar fisik dan mental (bahkan jika itu bukan agama).

7. Istirahat fisik: tidur dan biarkan tubuh Anda melambat atau berhenti sejenak untuk bersantai.

Dengan adanya tujuh jenis istirahat ini,mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana cara mendapatkan jenis istirahat yang Anda butuhkan? Menurut Saundra, kunci untuk mendapatkan jenis istirahat yang Anda butuhkan adalah pertama-tama mengidentifikasi jenis istirahat yang Anda rasa kurang, dan mulai dari sana.

Baca Juga: 6 Fakta Film G30S/PKI: Dana Rp800 Juta Hingga Musik Mencekam

“Prosesnya dimulai dengan refleksi diri, karena biasanya, Anda menggunakan masing-masing dari tujuh area ini sepanjang hari, dan Anda harus mencari tahu dimana Anda menghabiskan energi paling banyak,” kata Saundra.

Anda dapat memulainya dengan pertanyaan “Seperti apa penampilan saya sehari-hari? Apakah hari saya dihabiskan untuk brainstorming dan menghasilkan ide-ide baru? Atau apakah hari saya dihabiskan dengan bertatap muka dengan orang-orang yang mendiskusikan hal-hal emosional yang sulit seperti konselor atau terapis?” Setelah Anda menemukan dimana Anda mencurahkan energi paling banyak, Saundra mengatakan, ini akan memiliki efek besar pada area yang kemungkinan besar Anda akan mengalami defisit, terutama jika Anda belum memikirkan seperti apa pemulihan untuk posisi atau pekerjaan itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya