7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut.
7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Solopos.com, PURWOKERTO — Datang ke Banyumas tidak lengkap jika tidak mencicipi jajanan khas setempat karena selain memiliki kawasan wisata alam yang beragam, Banyumas juga memiliki jajanan yang sudah pasti membuat lidah bergoyang.

Selain murah meriah, pengunjug juga bisa berinteraksi dengan orang lokal dan bahkan bertanya bagaimana cara membuat jajanan pasar khas daerah tersebut. Berikut ini jajanan khas Kabupaten Banyumas yang wajib dicoba :

Cimplung

Jajanan ini berbahan dasar singkong dan gula merah. Singkong dikupas lalu dipotong sesuai selera. Kemudian direbus bersama deresan pohon aren atau pohon kelapa yang menjadi cikal bakal gula merah. tekstur gula yang lengket menyerap dalam singkong. Bagi penyuka jajanan manis, Cimplung bakal jadi jajanan yang menggiurkan.

Cenil

Warna-warni dari jajanan yang satu ini menarik siapa pun yang melihatnya. Terbuat dari adonan tepung kanji yang dicampur dengan air panas dan pewarna makanan. Bentuk cenil yang bulat kecil dan kenyal dipadu dengan taburan kelapa parut serta gula pasir, jadi salah satu kuliner Banyumas yang sangat dikenal.

Candil

Mirip dengan cenil, candil tidak diberikan pewarna makanan. bedanya lagi, candil dimasak dengan santan dan gula merah yang membuatnya manis. tak lupa potongan kelapa muda menambah variasi tekstur dan rasa candil. Teksturnya kenyal dan rasanya manis dan gurih, rasa gurih ini berasal dari saus santan kelapa.

Lupis

Mirip dengan ciwel, bedanya lupis terbuat dari beras ketan. Cara makannya pun sama, dibungkus dengan daun pisang.Mengutip dari situs Liputan6.com, Kamis (22/7/2021),  Lupis diberi taburan kepala parut serta gula merah. Bila sudah makan lupis, pasti akan beli lagi bila berkunjung lagi ke Banyumas.

Tempe Mendoan

Siapa tak kenal mendoan? Tempe khas Banyumas dengan ciri tempe yang lebar dan digoreng setengah matang ini sudah banyak dikenal dan dijual di banyak daerah di Indonesia. Mendoan biasa dimakan bersama cabai sebagai camilan atau pendamping makan nasi. Sebaiknya tempe mendoan selagi hangat dengan teman teh atau kopi. Uniknya dari Tempe  Mendoan khas Banyumas adalah ukuran tempenya yang besar

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago