SOLOPOS.COM - Ilustrasi dekorasi teras (freepik)

Solopos.com, SOLO – Teras sebagai bagian depan memiliki peran vital di rumah. Selain untuk bersantai, terkadang tamu yang berkunjung di rumah kita memilih untuk duduk di teras ketimbang ruang tamu. Dengan dalih supaya bisa melihat pemandangan sekitar dan mendapat udara segar.

Maka dari itu, kamu tidak boleh membiarkan teras rumahmu tampil biasa-biasa saja. Kamu perlu memberikan sentuhan-sentuhan kecil untuk memperindah dan mempercantik terasmu. Mulai dari dekorasi, penataan dan pemilihan furnitur. Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk mempercantik teras? yuk simak tips dari 99.co berikut ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Bingung Menentukan Jenis Lantai Rumah? Baca Ini Dulu

1. Kursi lesehan dan bean bag di atas lantai kayu
Kalau teras rumahmu cukup lapang dan terbuka, manfaatkan sebagai ruang ekstra untuk bersantai. Ubah material lantai menjadi material kayu, lalu letakkan kursi lesehan empuk di atasnya. Atau gunakan bean bag sebagai kursi malas di teras. Tidak jauh dari kursi, pajang pot berisi tanaman hias untuk memberi nuansa segar dan hijau.

2. Tinggikan teras menggunakan kerangka baja
Meninggikan teras menggunakan kerangka baja bisa kamu aplikasikan di teras bagian belakang rumah. Biasanya teras bagian belakang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Gunakanlah material baja karena baja terbukti sangat tahan lama dan mudah dirawat. Selain itu penggunaannya akan memberi perubahan besar pada penampilan teras. Lapisi dek baja dengan lantai kayu cokelat, lalu susun bantalan duduk di atasnya. Kamu bisa menambahkan meja kayu kecil di tengah sebagai pemanis.

Jadi Tempat Bersantai

3. Gunakan kursi rotan gantung
Kamu bisa menggunakan furnitur ini sebagai dekorasi teras rumah cantik. Namun sebelumnya pastikan plafon teras cukup kuat untuk menahan beban kursi dan penggunanya. Pilih kursi rotan gantung dengan warna alami seperti cokelat muda. Lalu letakkan bantal sofa dengan warna senada di atasnya.

4. Rak gantung untuk tanaman
Bila teras rumah belakang sempit dan terhalang pagar tembok, kamu bisa membuat rak gantung yang menempel di pagar. Gunakan tegel marmer dengan warna natural seperti hitam, abu, atau putih untuk melapisi rak. Letakkan beberapa pot tanaman hias berjajar di atas rak. Pastikan ada cukup ruang di sisi luar rak. Kemudian tambahkan kursi bar dengan material kayu di bawah rak. Kamu bisa menghabiskan waktu santai pada sore hari sembari minum teh atau kopi.

5. Kursi tamu
Letakkan sepasang kursi kayu yang didesain khusus untuk outdoor di teras depan. Lengkapi dengan meja kayu kecil di antara kursi kayu. Kamu juga bisa memajang pot tanaman di pojok teras untuk memberi nuansa segar. Nah, teras rumah cantik ini siap digunakan untuk menyambut tamu.

Baca Juga: Ide Berlian Mendekorasi Kamar Sempit Supaya Lebih Nyaman

6. Rak tanaman susun
Rak susun meninggi untuk menata tanaman bisa menjadi pilihan tepat untuk menghemat ruang. Bentuknya yang meninggi ke atas akan memberi ilusi ruang pada tanaman hias yang diletakkan di sana. Kamu bisa menyusun banyak tanaman tanpa membuat teras rumah nampak seperti hutan belantara. Tapi ingat, saat menyusun tanaman pastikan setiap pot dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup.

7. Lampu LED
Pencahayaan tambahan di teras yang mungil bisa menjadi aspek dekorasi utama untuk menambah keindahannya. Terutama untuk pencahayaan pada malam hari, agar rumah tidak nampak menyeramkan. Untuk menghidupkan warna hijau tanaman, gunakan lampu dengan cahaya putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya