SOLOPOS.COM - Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Solo, Retno Wulandari (tengah) mengatakan penghargaan untuk hotel-hotel di Soloraya menjadi modal kuat untuk promosi pariwisata Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak tujuh hotel di Soloraya memborong penghargaan di ajang Joglosemar Tourism Award 2021. Penghargaan ini menjadi modal besar untuk mendongkrak pariwisata Soloraya. Selain itu, ini sebagai bukti jika hotel berbintang di Soloraya sangat aman dan nyaman untuk disinggahi.

Hotel-hotel tersebut adalah Alila Solo Hotel sebagai Leading Five Star Hotel di Jawa Tengah dan DIY, Swiss-Bellin Saripetojo sebagai Leading Three Star Hotel di Jawa Tengah dan DIY, The Alana Hotel and Convention Center sebagai Leading Four Star di Solo, Best Western Premier Solo Baru sebagai Leading Four Star Hotel di Jawa Tengah dan DIY, The Sunan Hotel sebagai Leading MICE Hotel di Jawa Tengah dan DIY, De Solo Boutique Hotel sebagai Small Boutique Hotel di Solo, dan Solo Paragon Hotel and Residence sebagai Best CHSE Hotel di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Solo, Retno Wulandari, mengatakan penghargaan ini menjadi modal kuat untuk promosi pariwisata Kota Solo. Menurutnya, reputasi yang bagus ini membutikan hotel di Solo cukup diminati dan memiliki pelayanan bagus sehingga bisa mendapatkan tempat di hati konsumen.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Resmi Diluncurkan di Solo, Telkomsel 5G Bisa Diakses di Balai Kota dan Grapari Hlo

Persepsi Positif

“Ini menambah keyakinan kita untuk berkompetisi dan menangkap peluang bisnis ke depannya. Tentunya ini di samping vaksinasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota [Pemkot] Solo. Dengan begitu, akan terbangun persepsi positif yang menjadi modal dalam mendatangkan inventaris, turis, dan perdagangan. Kami berharapan perekonomian dan pariwisata segera recovery di masa pandemi Covid-19,” kata dia, kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

Retno menegaskan award ini sangat penting untuk membangun narasi positif. Selain itu, Solo juga cocok untuk work from Solo dengan pertimbangan, predikat Solo sebagai kota ternyaman, kepemilikan sertifikasi CHSE untuk perhotelan dan destinasi pariwisata, tenaga pariwisata yang sudah dilakukan vaksinasi, juga ketersediaan hotel dan fasilitas pendukung di Solo dan sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Humas dan Promosi Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Solo, Sistho A Sreshtho, menambahkan penghargaan yang didapatkan hotel-hotel ini justru sebagai awal segalanya. “Ini sebuah berkah dan musibah. Berkah karena apa yang kami lakukan butuh sebuah barometer untuk dijadikan acuan. Ini penilaiannya dari publik,” kata dia.

Baca Juga: Solusi JNE Tingkatkan Pemasaran UMKM Soloraya

Di sisi lain, hotel begitu banyak yang telah tersertifikasi CHSE. Sedangkan para staf hotel sudah vaksinasi. Bahkan, fasilitas hotel-hotel juga sangat lengkap. Tak ketinggalan, akses transportasi sangat mudah.

General Manager The Alana ini menyebut penghargaan yang didapatkan hotelnya membuktikan jika ia berana di jalur yang benar. Bagaimana pun mempertahankan prestasi lebih susah daripada meraihnya.

“Kami terus melakukan kegiatan. Alhamdulillah hingga saat ini kami bisa maintenance hotel dengan baik,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya