Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

7 Gending Iringi Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina, Berikut Maknanya

Grup Seni Karawitan ISI Solo menyiapkan tujuh gending untuk mengiringi prosesi ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung, Minggu (11/12/2022).
SHARE
7 Gending Iringi Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina, Berikut Maknanya
SOLOPOS.COM - Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo berlatih sebelum mengisi hiburan di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Nantinya, disiapkan dua grup dari ISI Solo untuk tampil di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Grup Karawitan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menyiapkan sejumlah gending (lagu dari gamelan) untuk acara pernikahan Kaesang-Erina yang akan digelar di Solo, Minggu (11/12/2022). Gending tersebut memiliki makna khusus yang sesuai dengan pernikahan adat Jawa.

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) ISI Solo, Guntur Sulistyono, kepada Solopos.com, Rabu (7/12/2022), menjelaskan gending tersebut akan dimainkan di Loji Gandrung sebagai lokasi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Terdapat tujuh gending yang khusus dimainkan di Loji Gandrung nantinya. Sedangkan di Pura Mangkunegaran, gending yang dibawakan lebih bersifat hiburan.

“Acara di Loji Gandrung akan dibuka dengan Ladrang Wilujeng yang menandakan acara telah dibuka. Dalam liriknya terdapat pesan untuk membuat acara lancar, tamu-tamu yang hadir bisa menikmati dan bagi yang punya hajat diberikan kelancaran dalam mengarungi bahtera kehidupan,” urai Guntur.

Ada juga tembang Dhandhanggula yang sebenarnya berisi pembuka untuk acara pasrah tinampi ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina. Namun gending itu dilantunkan menjadi tembang untuk mempersingkat waktu.

Baca Juga: Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang sesuai Tradisi Jawa, Tidak Wajib tapi Perlu

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

“Sebenarnya ada pidato untuk acara pasrah tinampi tetapi kami ganti dengan tembang Dhandhanggula untuk mempersingkat waktu. Karena kalau dibawakan menggunakan pidato terlalu lama apalagi di Loji Gandrung nanti acaranya singkat,” lanjut Guntur.

Disusul kemudian dengan Pangkur Kawedhar yang artinya medar sabda, menunjukkan bahwa pengantin itu sudah siap. Saat memasuki inti acara di Loji Gandrung, Grup Karawitan ISI Solo menyiapkan beberapa tembang mulai dari Gending Boyong Basuki, Kepawon Sukoasih dan Gending Sriwidodo.

Makna dalam tembang-tembang ini berbeda sesuai dengan runtutan acara. Gending Boyong Basuki memberikan tanda bahwa ini acara boyongan, yakni acara adat boyong manten.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: Nikahan Kaesang, Ruang Sakral di Mangkunegaran Solo Ini Tak Boleh Diakses Umum

Kemudian Kepawon Sukoasih, yang artinya kasih sayang tanpa putus dari orang tua bersamaan dengan sungkem dari anak kepada orang tua. Lalu ada Gending Sri Widodo, bersamaan dengan acara adat kobongan. “Widodo itu artinya lancar, jadi dihantarkan lancar semuanya dan memberikan berkat,” lanjut Guntur.

Sedangkan untuk penutupan acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung, Guntur yang juga pernah mengaransemen acara pernikahan Kaesang Ayu-Bobby Nasution, memilih Ladrang Tedhak Saking.

“Maknanya pengantin keluar dari pelaminan untuk menyambut tamu untuk pulang. Sebenarnya  gendingnya banyak pilihannya, kita memilih Tedhak Saking karena acara ini masih dilanjut di Pura Mangkunegaran,” tegas Guntur.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode