SOLOPOS.COM - Erin Brockovich merupakan salah satu film bertema lingkungan. (Hollywood Reporter)

Solopos.com, SOLO-Merayakan Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang dirayakan setiap 10 Januari, tak ada salahnya dengan menonton film bertema lingkungan. Dengan demikian kita bisa kembali memaknai pentingnya menjaga kelestarian planet kita ini.

Pentingnya menjaga Bumi seisinya ini juga coba diserukan oleh para sineas melalui film bertema lingkungan. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat semakin sadar dan tergerak untuk menjaga lingkungan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini, tujuh film bertema lingkungan produksi Hollywood yang cocok disaksikan saat Hari Lingkungan Hidup Indonesia seperti dikutip dari Antara pada Senin (10/1/2022):

1. The Tree of Life

The Tree of Life merupakan salah satu film bertema lingkungan hidup. Ditulis dan disutradarai oleh Terrence Malick, film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak muda bernama Jack yang diperankan oleh Hunter McCracken. Jack merupakan salah satu dari tiga bersaudara yang tumbuh dalam keluarga O’Brien yang tinggal di kota kecil Texas.

Baca Juga:  Benarkah Muncul Varian Baru Covid-19 Deltacron? Ini Penjelasannya

Di masa lalunya, Jack dikisahkan memiliki hubungan yang kontroversial dengan ayahnya (Brad Pitt) namun sangat dekat dengan ibunya (Jessica Chastain). Saat beranjak dewasa, Jack (Sean Penn) pun berjuang untuk memahami masa kecilnya. Dalam film ini, Terrence pun tak hanya menampilkan kisah dari Jack namun juga menampilkan pemandangan alam yang indah.

2. The Hidden Life of Trees

The Hidden Life of Trees merupakan film yang diangkat dari buku karya Peter Wohlleben. Sama seperti judulnya, film ini pun menceritakan tentang bagaimana pohon bekerja. “The Hidden Life of Trees” juga menyajikan ekologi, biologi, dan akademis tentang pepohonan.

Film dokumenter tersebut juga menampilkan Peter yang berpergian ke Jerman, Polandia, Swedia dan Vancouver untuk menjelaskan proses menakjubkan dari kehidupan, kematian dan regenerasi pepohonan. Film ini pun diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pepohonan.

3. The Salt of the Earth

Film selanjutnya yang juga mengangkat tentang lingkungan adalah The Salt of the Earth. Film dokumenter ini mengisahkan tentang perjalanan seorang fotografer bernama Sebastiao Salgado. Dalam dokumenter ini, Sebastiao diceritakan telah menaklukkan perjalanan melintasi benua, mengikuti jejak kemanusiaan yang selalu berubah.

Baca Juga: Ini Penyebab Perbedaan Hasil PCR Ashanty di Turki dan di Indonesia

Perjalanan itupun didokumentasikan olehnya melalui foto hitam putih, misalnya peristiwa-peristiwa besar yang terjadi dalam perjalanannya.

4. Our Planet

Our Planet merupakan sebuah film dokumenter Netflix yang bekerja sama dengan World Wide Fund yang dirilis pada  2019 lalu. Film dokumenter ini mengisahkan tentang keanekaragaman hayati, hutan di berbagai macam negara dan samudra.

Diperankan oleh David Attenborough, Our Planet diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi kehidupan seluruh makhluk di muka bumi.

5. A Plastic Ocean

Menumpuknya sampah di laut juga merupakan salah satu isu lingkungan yang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Isu tersebut pun diangkat melalui film A Plastic Ocean.

A Plastic Ocean berkisah tentang permasalahan sampah plastik yang begitu banyak di lautan. Kisahnya bermula dari Craig Lesson yang sedang mencari paus biru.  Namun saat proses pencarian, Craig justru menemukan banyak sampah plasik mengambang di lautan. Dengan menyaksikan film ini, penonton pun diharapkan dapat mengurangi pembuangan sampah plastik di laut.

6. Seaspiracy

Film  yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh Ali Tabrizi ini mengangkat cerita tentang dampak lingkungan dari penangkapan ikan di lautan. Dalam Seaspiracy, penonton akan dapat menyaksikan dampak lingkungan di laut yang kian mengkhawatirkan.

Misalnya saja seperti menumpuknya sampah plastik di laut, jaring hantu, hingga penangkapan ikan secara berlebihan. Melalui film ini, Ali mencoba untuk menyampaikan pendapatnya bahwa penjualan ikan secara komersial menjadi pendorong utama kerusakan ekosistem laut.

Baca Juga: Angka Bencana 2021 di Bantul Mengalami Penurunan, Ini Penyebabnya

Seaspiracy menolak penangkapan ikan dan menganjurkan manusia untuk berhenti mengonsumsi ikan. Film ini telah tayang perdana di platform streaming Netflix pada 24 Maret 2021 lalu.

7. Erin Brockovich

Film ini diangkat dari kisah nyata yang dialami seorang single mother bernama Erin Brockovich.  Suatu saat dia menemukan fakta ada perusahaan yang mencemari air minum di kota tempat tinggalnya. Mengutip hollywoodreporter, demi menemui para korban pencemaran air minum itu, dia meninggalkan anak-anaknya dalam perawatan pacarnya dan tetangga sebelah, seorang pengendara motor bernama George (Aaron Eckhart), untuk melakukan perjalanan ratusan mil dengan mobilnya yang rusak untuk mengunjungi korban. Dia secara emosional terhubung dengan orang-orang ini karena kekhawatirannya tulus.

Erin menuntut perusahaan tersebut dan memenangi gugatan atas kasus pencemaran air minum di California oleh Pasific Gas and Electric Company. Film ini dibintangi oleh Julia Roberts.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya