SOLOPOS.COM - Es Dawet, minuman khas Jateng yang populer di Indonesia. (Freepik)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Es dawet adalah karya kuliner terpopuler di Jawa Tengah. Hampir setiap wilayah di Jateng memiliki sajian es dawet yang khas.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (13/4/2022), berikut deretan es dawet paling populer dari wilayah Jawa Tengah:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Dawet Ayu Banjarnegara

Es dawet ayu Banjarnegara diklaim sebagai “sesepuh” es dawet di Jateng. Es dawet ayu bahkan dinobatkan sebagai minuman terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia 2021. Minuman ini versi paling sederhana dari es dawet. Komposisinya santan, dawet, dan sirup gulaa aren.

es dawet banjarnegara
Es Dawet Ayu khas Banjarnegara. (visit.banjarnegarakab.go.id)

2. Dawet Ireng Purworejo

Dawet khas Butuh, Purworejo, ini memiliki warna hitam yang diperoleh dari campuran merang. Komposisinya sama, hanya kadang ditambahkan nangka.

Es dawet ireng Purworejo.

3. Dawet Jepara

Dawet di Jepara terbuat dari tepung kanji, sehingga teksturnya kenyal. Isiannya lebih banyak, dawet, santan, sirup gula merah, nangka, agar-agar, kelapa muda, alpukat, melon, hingga kolang-kaling, seperti sajian es buah.

Es dawet Jepara.

5. Dawet Ketan Boyolali

Perbedaan dawet khas Boyolali adalah penambahan tape ketan yang menambah kaya rasa dan kesegaran. Rasa tape ketan yang manis dan sedikit asam memberikan sensasi rasa berbeda.

es dawet
Es dawet ketan Boyolali. (Youtube)

6. Dawet Semarangan

Es dawet ini berasal dari Semarang. Ciri khasnya adalah penambahan daging durian ke dalam seporsi es dawet yang menambah legit rasanya.

Es dawet durian Semarang. (Gofood)

7. Dawet Bayat Klaten

Dawet Bayat telah menjadi kuliner khas di Kabupaten Klaten. Tiga bahan utama saat membuat dawet, yakni cendol, juruh dari gula jawa dan gula batu, serta santan.

Sesuai namanya, sentra pembuatan dawet ini berada di Kecamatan Bayat. Salah satu sentra pembuatan dawet di Kecamatan Bayat berada di Desa Bogem.

Es dawet Bayat Klaten. (Facebook)

8. Dawet Telasih Solo

Es dawet telasih menjadi salah syatu karya kuliner legendaris di Kota Solo. Minuman ini berbeda dengan es dawet pada umumnya. Komposisi minuman ini adalah dawet hijau, selasih, santan segar tanpa direbus, dan sirup gula putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya