SOLOPOS.COM - Cara aman charge handphone di mobil. (Daihatsu.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sering digunakan membuat daya baterai HP berkurang dan butuh diisi ulang. Namun posisi sedang perjalanan dengan mobil pribadi, maka pengisian daya handphone dilakukan di kendaraan.

Agar proses charge HP di mobil tetap aman, baik untuk kendaraan, handphone, dan juga penumpang mobil, berikut cara aman charge HP di mobil dikutip dari Daihatsu.co.id.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. Pilih Adaptor Sesuai Daya HP

Gunakan adaptor handphone yang sesuai dengan daya HP atau socket lighter untuk meminimalisir risiko kerusakan yang terjadi terhadap HP Anda.

Pastikan adaptor yang dipakai memiliki kualitas yang bagus dan orisinil, jangan sampai longgar karena berisko muncul percikan api. Pastikan output stabil.

Baca juga: GIIAS 2022, Skuter Listrik Segway Dilengkapi Kecerdasan Buatan

2. Pilih Adaptor Minimal 2 Ampere

Jika Anda belum menemukan adaptor yang dayanyaserupa dengan handphone, sebaiknya gunakan adaptor yang menghasilkan tenaga ampere dari port USB minimal 2 ampere.

Biasanya port charger di dalam mobil hanya mampu menghasilkan 0,5 ampere sehingga kurang optimal dalam proses pengisian daya baterai.

3. Pantau Proses Pengisian Daya

Ketika Anda ingin mengisi daya HP di dalam mobil, Anda tidak boleh asal-asalan meninggalkan HP Anda begitu saja. Jika sudah terisi penuh sebaiknya segera dicabut.

4. Jangan Terlalu Lama

Pada saat mengisi daya HP di dalam mobil, hindari untuk membiarkan adaptor tertancap pada potr lighter. Karena bisa membebani saat starter mobil.

Baca juga: Lepas Kabel Aki Jika Motor Tak Dipakai Lama

5. Isi Daya Saat Mobil Menyala

Ketika mengisi daya handphone dalam mobil, sebaiknya saat mobil menyala karena daya yang diambil berasal dari tenaga alternator mobil.

6. Cabut Charger Jika Adaptor/HP Panas

Pastikan Anda mencabut alat adaptor charger atau HP di mobil Anda ketika tiba-tiba suhunya panas.

7. Jangan Tinggalkan HP di Charge di Mobil

Untuk menghindari risiko kejadian yang tidak diinginkan. Sebaiknya hindari mengisi daya HP menggunakan powerbank di dalam mobil. karena dapat menyebabkan mobil terbakar akibat powerbank tiba-tiba meledak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya