SOLOPOS.COM - ilustrasi bantuan sosial tunai. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih menyiapkan teknis penyaluran bantalan sosial. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada awak media, Senin (5/9/2022).

Setidaknya ada enam bantuan sosial (bansos) yang akan cair pada bulan September 2022 ini. Sejak pandemi Covid-19, pemerintah memang telah mempersiapkan beberapa bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di antaranya, bantuan subsidi upah (BSU), bantuan langsung tunai (BLT), BLT dana desa, bantuan pokok non-tunai (BNPT),

Gibran mengatakan, Pemkot menyiapkan dana sebesar Rp4,2 miliar yang dianggarkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) Kota Solo yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Nantinya, jumlah tersebut akan dialokasikan untuk bantalan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT) dan bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta.

“Ya sesuai arahan Pak Mendagri dalam beberapa minggu ke depan kami difokuskan untuk mengurus bantuan sosial untuk pekerja yang gajinya di bawah Rp3,5 juta,” kata Gibran kepada awak media, di Balai Kota Solo, Senin (5/9/2022) sore.

Baca Juga: Dampak Harga BBM Naik, Harga Pangan hingga Tarif Angkutan Umum Terkerek

Namun, teknis pengalokasian dan pendistribusian bantalan sosial tengah dibahas. Pelaku usaha transportasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga menjadi kelompok penerima bantalan sosial di Solo.

“Sasarannya lebih untuk transportasi dan UMKM. Nanti segera diurus sama Dinsos. Kami fokus yang ke BLT-nya itu dulu. BLT sama BSU,” kata dia.

Gibran menambahkan, besaran bantalan sosial yang akan dibagikan sebesar Rp600.000 per orang dengan perkiraan jumlah penerima sebanyak 7.000 warga Solo. Ia mengimbau penerima bantalan sosial untuk menggunakannya dengan baik.

“Mohon digunakan sebaik mungkin, sebijak mungkin untuk kebutuhan-kebutuhan yang primer,” tegas Gibran.

Baca Juga: Cegah Gejolak Imbas Harga BBM Naik, Polisi dan TNI Awasi 36 SPBU di Klaten

Terkait bansos yang bersumber dari DAU ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani mengatakan teknis pembagian bantalan sosial masih terus dibahas bersama dinas. Dengan anggaran Rp4,2 miliar, Pemkot Solo akan menyaring calon penerima.

“Nanti akan kita sisir mana yang seharusnya dapat. Besok pagi baru kita rumuskan. Dari Dinas Sosial apa sudah dapat belum penerima manfaatnya kan kita belum tahu. Nanti dibagi Rp600.000 kuotanya jadi sekitar 7.000 orang akan disisir siapa yang belum dapat,” kata Ahyani di Balai Kota, Solo, Senin sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya