SOLOPOS.COM - Kasi Propam Polres Grobogan Iptu Marmin mengamati pelaksanaan tes urine anggota polwan di halaman Mapolres Grobogan, Senin (1/8/2022).

Solopos.com, SOLO – Ada pemandangan lain di halaman belakang Mapolres Grobogan, Senin (1/8/2022). Puluhan polisi wanita atau polwan Polres Grobogan menjalani tes urine.

Saat ini ada 66 anggota polwan yang bertugas di Polres Grobogan maupun Polsek jajaran. Satu persatu mereka menjalani tes urine dengan didampingi anggota polwan dari Propam Polres Grobogan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan tes urine dipimpin Kasi Propam Polres Grobogan Iptu Marmin dan dihadiri Wakapolres Grobogan Kopol Samsu dan Kabag Sumda Kompol Sudarto.

Kasi Propam Iptu Marmin menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penegakan ketertiban dan kedisiplinan anggota polwan. Selain pengecekan urine ada pemeriksaan lainnya.

Yakni meliputi pemeriksaan seperti sikap tampang, seragam polisi yang digunakan, serta surat-surat administrasi pribadi yang meliputi Kartu Tanda Anggota (KTA) KTP, SIM, dan STNK.

Baca juga: Ngeri! 8 Remaja di Semarang Dibegal, 1 Orang Kritis Alami Luka Bacok

”Dalam kegiatan penegakan ketertiban dan kedisplinan tersebut tidak ditemukan pelanggaran baik sikap, seragam, maupun kelengkapan identitas diri,” Kata Kasi Propam.

Tes urine dilakukan oleh Urusan Kesehatan dengan pengawasan dari Propam Polres Grobogan. Tujuan tes urine untuk pencegahan dan deteksi dini bagi anggota yang terbukti menggunakan obat terlarang.

Wakapolres Grobogan Kompol Samsu Wirman mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-74 Polwan, yang puncaknya akan dilaksanakan pada 1 September 2022.

“Kegiatan berupa penegakan ketertiban dan kedisiplinan polwan. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan urine pada 66 personil polwan. Hasilnya negatif,” kata Kompol Samsu.

Baca juga: Briptu Sefin Polwan Polres Grobogan, Tak Hanya Cantik Tapi Berprestasi

Tujuan dari tes urine, lanjut Kompol Samsu, untuk memastikan anggota polwan tidak melakukan pelanggaran. Hal ini sesuai arahan pimpinan salah satunya tidak ada penyalahgunaan narkoba.

Wakapolres Grobogan juga mengatakan, anggota polwan merupakan salah satu komponen Polri terutama di Polres Grobogan dakan mberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini, anggota polwan Polres Grobogan dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mematuhi peraturan sesuai koridor hukum,” ujar Kompol Samsu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya