[ X ] CLOSE

65 Pelaku UMKM Gunung Sewu Berlatih Membatik dengan Media Kayu

Pelatihan penggunaan warna alami serta pola pemasaran agar tembus pasar internasional
65 Pelaku UMKM Gunung Sewu Berlatih Membatik dengan Media Kayu
SOLOPOS.COM - Sebanyak 65 pelaku UMKM di sektor batik mengikuti pelatihan penggunaan warna alami serta pola pemasaran agar tembus pasar internasional di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Klaten, Senin (25/10/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN —¬†Sebanyak 65 pelaku UMKM di sektor batik mengikuti pelatihan penggunaan warna alami serta pola pemasaran agar tembus pasar internasional di Desa Jarum, Kecamatan Bayat. Peserta berasal dari wilayah di sekitar kawasan Unesco Global Geopark Gunung Sewu seperti dari Gunungkidul, Klaten, Bantul, dan Sleman dengan waktu pelatihan pada Senin-Kamis (25-29/10/2021).

 

Perajin berlatih membatik dengan media kayu saat digelar pelatihan di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Senin (25/10/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Peserta pelatihan membuat motif batik menggunakan media kayu di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Senin (25/10/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Materi pelatihan seperti penggunaan bahan alam utuk pewarna dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kawasan Gunung Sewu. Selain itu, materi pelatihan lainnya terkait proses membatik dengan media kayu yang merupakan hasil kerajinan tangan. Sejumlah karya dari kayu yang dihiasi batik seperti wadah hand sanitezer, tempat tisu, serta topeng. Selain kayu, gerabah juga bisa menjadi media untuk membatik. Dari pelatihan yang digelar Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

 

Materi pelatihan seperti penggunaan bahan alam utuk pewarna dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kawasan Gunung Sewu. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Sejumlah hasil kerajinan batik kayu dipajang saat pelatihan di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Senin (25/10/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago